Nokia Ikut Ramaikan Pasar Virtual Reality

nokia-logo-mwc-2015-840x473JAKARTA – Nokia praktis memiliki banyak waktu luang karena tidak lagi memproduksi ponsel hingga 2016 mendatang, setelah menyepakati proses akuisisi divisi mobile-nya dengan Microsoft pada tahun 2013 lalu. Namun hal itu tidak lantas membuat mereka berhenti berkreasi, Nokia justru dikabarkan tengah melirik bisnis virtual reality (VR).

Nokia sepertinya ingin melebarkan sayap bisnisnya dengan masuk ke bisnis yang diprediksi akan menjadi tren di masa depan, yakni virtual reality. Kabar ini diperkuat dengan munculnya laporan yang menyebutkan Nokia akan mengumumkan produk VR pertamanya.

Menurut sumber yang dekat dengan Nokia, bahwa perusahaan asal Finlandia itu akan mengumumkan produk VR pertamanya di ajang “VIP event” yang akan digelar di Los Angeles, California pada minggu depan.

Sayangnya, tidak banyak informasi detail yang diberikan sumber tersebut mengenai produk VR yang disiapkan Nokia, apakah sebuah headset, platform, atau konten VR. Tidak ada yang tahu hingga saat ini. Namun dikatakan jika ini akan menjadi proyek internal terbesar Nokia sejak mereka pensiun dari industri mobile.

Jika kabar ini benar, maka tidak mudah bagi Nokia untuk masuk ke pasar VR. Karena saat ini sudah banyak perusahaan raksasa teknologi yang siap bersaing dengan Nokia. Beberapa diantaranya adalah Microsoft Holo Lens, HTC Vive, Sony Project Morpheus dan Rift Facebook/Oculus.

Selain itu, sejumlah produsen dan penyedia konten telah bermitra dengan Google untuk mengembangakan Cardboard. Tentunya ini bukan pekerjaan mudah bagi Nokia untuk bisa menembus persaingan itu. Kita lihat saja, apakah Nokia mampu bersaing di pasar VR.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI