Mur Buatan Ford Bisa Cegah Aksi Pencurian Ban Mobil

Pencurian ban mobil

Telset.id, Jakarta – Baru-baru ini marak pencurian ban mobil di parkiran. Melihat fenomena tersebut, Ford tampaknya berupaya untuk mencegah kasus pencurian ban mobil agar tak dialami oleh penggunanya.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (30/01/2020), Ford sedang berupaya untuk mencoba mencegah kasus pencurian ban mobil dengan memanfaatkan mesin cetak alias printer 3D.

Ford berencana untuk mengatasi masalah itu dengan membuat mur pengunci khusus yang dicetak 3D berdasarkan suara pengemudi. Dengan merekam suara pengemudi, Ford mencetak mur pengunci khusus 3D.

{Baca juga: Perusahaan Teknologi Berlomba “Ubah” Mobil jadi Smartphone}

Ford menciptakan desain dan kunci yang secara teori hanya pengemudi yang akan memiliki otoritas untuk membukanya. Pencuri akan mengalami kesulitan untuk mencoba menggondol roda mobil milik sang pemilik.

Mur dan kunci akan dicetak 3D menggunakan stainless steel tahan asam dan korosi. Untuk mencegah pencuri membuat jejak, setiap mur akan mengandung lekukan yang melebar dan semakin melebar.

{Baca juga: Ban Mobil Ini Didukung Teknologi 5G, Buat Apa Ya?}

Menurut insinyur peneliti Ford, Raphael Koch, pencurian ban atau pelek mobil merupakan satu pengalaman terburuk bagi para pengemudi. Mereka kerap menemukan kenyataan bahwa mobil yang diparkir tak lagi memiliki empat roda.

Beberapa jenis pelek bisa berharga jutaan rupiah. Namun, dengan mur buatan Ford, aksi semacam itu tak akan lagi ada. Membuat roda lebih aman adalah bukti bahwa pencetakan 3D cukup berguna untuk berbagai bidang. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here