Ban Mobil Ini Didukung Teknologi 5G, Buat Apa Ya?

Telset.id, Jakarta – Bukan cuma ponsel saja yang pintar, ban mobil juga ternyata bisa pintar berkat bantuan teknologi. Baru-baru ini, Pirelli menghadirkan ban Pirelli Cyber Tyre yang didukung oleh teknologi 5G. Buat apa?

Sekadar informasi, menentukan ban mobil sangatlah penting agar tetap aman dalam berkendara. Ukuran dan cengkeraman ban sangat membantu pengemudi untuk melakukan manuver kendaraan.

Karenanya, produsen pun berlomba-lomba menghadirkan ban berkualitas terbaik. Ada ban yang diperuntukkan jalan basah, jalan kering, jalan licin, jalan tak rata, maupun medan yang ekstrem seperti bebatuan.

{Baca juga: Kreatif! Remaja Ini Atasi Blindspot di Mobil Pakai Proyektor}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (20/11/2019), ban pintar Pirelli yang didukung teknologi 5G berguna untuk menyampaikan informasi.

Ban tersebut dilengkapi dengan sensor internal yang dapat mendeteksi kondisi jalan, apakah basah, apa berisiko membuat kendaraan tergelincir, dan lain sebagainya.

Berdasarkan informasi itu, mobil memungkinkan untuk menyesuaikan kontrol dan sistem bantuan mengemudi. Pirelli bahkan berencana untuk meningkatkan teknologi 5G dengan konektivitas.

{Baca juga: 3 Implementasi 5G yang Bisa Dilakukan di Indonesia}

Dengan demikian, ban tersebut akan mampu menyampaikan informasi penting itu ke jaringan pusat. Informasi yang terangkum kemudian dapat diteruskan ke mobil lain yang berada di daerah terdekat.

Mobil lain bakal tahu tentang kondisi jalan yang akan dilintasi. Menurut perusahaan, berkat potensi 5G, Pirelli dapat menempatkan ban di dalam konteks komunikasi lebih luas melibatkan ekosistem.

Ekosistem yang dimaksud termasuk transportasi on-road, yang berkontribusi bagi pengembangan solusi dan layanan untuk mobilitas dan sistem masa depan, yakni mengemudi secara mandiri. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Anak-anak Kecanduan Main TikTok? Begini Cara Mencegahnya

Telset.id, Jakarta - TikTok rupanya tak ingin pengguna terus-terusan TikTok-an tanpa mengenal waktu. Alhasil, media sosial yang tengah booming dan...

Twitter Tandai Kicauan Hoaks yang Diunggah Warganet

Telset.id, Jakarta - Twitter saat ini tengah mencoba fitur baru untuk mencegah berita hoaks di platform. Fitur baru Twitter ini nantinya...

Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android

Telset.id - Menambahkan watermark di foto merupakan hal yang selalu dilakukan oleh para fotografer. Biasanya, untuk tambahkan watermark pada foto...

Grab Dapat Modal Rp 9,7 Triliun dari Mitsubishi UFJ

Telset.id,Jakarta - Grab dilaporkan telah menerima investasi sebesar USD 700 juta atau setara Rp 9,7 triliun dari perusahaan perbankan...

Fitur Unik Android 11: Ketuk Body untuk Aktifkan Assistant

Telset.id, Jakarta - Suksesor Android 10, yakni Android 11 diharapkan akan diperkenalkan Google di tahun ini dengan membawa beragam fitur...
- Advertisement -