Mobil Otonom Toyota Resmi Debut, Seperti Ini Tampilannya

Telset.id,Jakarta – Mobil otonom Toyota dipastikan bakal melakukan debut publik pertamanya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang digelar di Las Vegas Convention Center, Amerika Serikat pada hari ini (07/01/2018) waktu setempat. Seperti apa tampang mobil otonom Toyota?

Nantinya, mobil otonom dengan model Lexus LS 500j itu akan bergabung dengan sejumlah armada perusahaan otonom lainnya, untuk membantu sebuah pengembangan teknologi yang disebut “Chauffeur dan Guardian”.

Chauffeur adalah sistem yang berfokus pada “otonom penuh”. Itu artinya, manusia benar-benar tidak perlu mengendarai mobilnya agar bisa beroperasi dengan maksimal.

{Baca juga: Samsung Ancang-ancang Garap Mobil Otonom 5G}

Sedangkan Guardian adalah sistem yang dirancang untuk memperkuat kinerja manusia di belakang kemudi, bukan menggantikannya.

Mobil yang juga dikenal sebagai TRI-P4 tersebut memiliki sejumlah pembaruan teknologi di dalamnya. Seperti sistem P4 yang dapat mempercepat proses pengembangan berkat peningkatan kepekaan terhadap lingkungan di sekitar.

{Baca juga: Hyundai Gandeng Startup AI Buat Peta HD Mobil Otonom}

Terdapat juga dua sensor pencitraan baru yang terintegrasi dengan sistem P4. Lalu, ada sistem radar dengan jarak pandang dan deteksi jangkauan yang lebih baik dengan dukungan komputasi yang lebih canggih di dalamnya.

Dilansir Telset.id dari The Star Online, Senin (07/01/2018), Toyota mengklaim kemampuan sistem utama pada mobil otonomnya juga sudah ditingkatkan. Sistem tersebut memungkinkan banyak algoritma machine learning untuk berjalan secara bersamaan, dengan tujuan membuat pengembangan sistem lebih cepat.

Oleh sebab itu, kendaraan ini nantinya diharapkan akan semakin reaktif dan responsif terhadap lingkungan dan orang di sekitarnya ketika melaju secara otomatis.

{Baca juga: Pemerintah AS Revisi Aturan Mobil Otonom}

Selain “otak” yang jauh lebih kuat dari generasi sebelumnya, kotak komputasi juga jauh lebih kecil, sehingga penumpang dapat memuat lebih banyak barang di bagasi mereka.

Toyota juga memastikan, selain bakal dipamerkan di CES 2019, mobil TRI-P4 juga bakal diperkenalkan di acara Detroit Auto Show akhir bulan ini. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI