Mobil Otonom Apple Dicuri, Warga China Diciduk FBI

Telset.id, Jakarta – Federal Bureau of Investigation (FBI) menangkap seorang warga China yang mencoba mencuri rahasia mobil otonom Apple untuk kompetitor lain.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Kamis (31/01/2019), laporan dari NBC Bay Area menulis bahwa orang yang dimaksud adalah mantan karyawan insinyur Apple bernama Jizhong Chen.

Apple mulai menyelidiki Chen ketika karyawan lain menemukannya telah mengambil foto di ruang kerja yang sensitif.

{Baca juga: Disidang, Eks Karyawan Apple Bantah Curi Dokumen Rahasia}

Setelah diselidiki oleh pihak Keamanan Apple, mereka menemukan ribuan file di komputer pribadinya yang berisi kekayaan intelektual Apple berupa manual, skema dan diagram.

Tak lama kemudian, muncul rumor bahwa Chen bekerja untuk perusahaan otomotif yang berbasis di China yang merupakan pesaing Apple.

Sebenarnya, bukan pertama kalinya bahwa perusahaan-perusahaan asal China mencoba untuk mencuri rahasia Apple.

Juli lalu, mantan karyawan Apple lainnya ditangkap karena mencuri informasi yang juga terkait dengan proyek mobil otonom bernama proyek Titan.

“Apple memperlakukan kerahasiaan dan perlindungan IP kami dengan sangat serius. Kami bekerja sama dengan pihak berwenang mengenai masalah ini dan merukuk semua pernyataan ke FBI,” tulis pihak Apple.

Apple sebelumnya telah memecat lebih dari 200 karyawan di proyek Titan pada minggu lalu. Kabar pemecatan itu disampaikan oleh orang dalam yang ikut dalam proyek, kepada CNBC yang sama sekali tidak dibantah oleh Apple.

“Kami memiliki tim yang sangat berbakat yang bekerja pada sistem otonom dan teknologi terkait di Apple. Saat tim memfokuskan pekerjaan mereka pada beberapa bidang utama untuk 2019,” kata juru bicara.

{Baca juga: Apple Pecat 200 Karyawan di Proyek Titan, Ada Apa?}

“Beberapa kelompok sedang dipindahkan ke proyek di bagian lain perusahaan, di mana mereka akan mendukung pembelajaran mesin dan inisiatif lain, di seluruh Apple,” sambung si juru bicara tersebut.

Perusahaan mengaku masih optimis, dan masih ada peluang besar di bidang sistem otonom. Apple menyatakan bahwa proyek Titan merupakan pekerjaan machine learning paling ambisius yang pernah ada. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI