Pemerintah Segera Selidiki Kasus Bug Facetime di iPhone

Bug Facetime

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat melalui Jaksa Agung New York menilai serius bug Facetime. Sebab, AS berencana untuk menyelidiki bug di Facetime tersebut sesegera mungkin.

Menurut Engadget, seperti dilansir Telset.id pada Kamis (31/01/2019), Jaksa Agung, Letitia James telah memerintahkan untuk melakukan investigasi atas bug Facetime, dengan harapan bahwa Apple bisa lebih tanggap untuk memperingatkan konsumen jika terjadi masalah seperti itu.

Sementara itu, gubernur New York, Andrew Mark Cuomo menilai bahwa investigasi itu diperlukan agar masyarakat bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

{Baca juga: Apple Punya Cara Baru untuk Perbaiki FaceTime Group}

“Warga menyatakan untuk perlu tahu bahwa telepon mereka aman,” ucap Cuomo.

Belum ada informasi apakah investigasi ini akan mengarah pada tindakan pemerintah yang lebih lanjut seperti ke ranah hukum atau tidak. Namun, saat ini Apple sudah memperbaiki celah keamanan itu yang direncanakan akan disebar di minggu depan.

Mereka juga telah menonaktifkan FaceTime Grup dari jarak jauh, tak lama setelah publik mengetahui celah keamanannya. Apabila investigasi ini benar-benar menimbulkan masalah, bisa jadi pemerintah akan segera mengambil tindakan hukum lebih cepat dan transparan terhadap masalah privasi dan keamanan.

{Baca juga: Awas! Ada Bug di FaceTime, Segera Lakukan Ini}

Sebelumnya, ada bug FaceTime yang memungkinkan pengguna mendengar percakapan melalui iPhone orang lain, meskipun mereka belum menjawab panggilan telepon.

Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh seorang pengguna Benji Mobb, di akun Twitter-nya dan dilaporkan oleh 9to5Mac. Reporter CNBC juga telah mengujinya dan memverifikasi bahwa itu benar.

Seorang reporter CNBC mencoba melakukan panggilan video ke editornya menggunakan aplikasi FaceTime. Sebelum si editor mengangkat teleponnya, ia menggunakan opsi untuk menambahkan orang lain ke panggilan tersebut. Tiba-tiba, dia bisa mendengar editornya, meskipun atasannya tidak pernah mengangkat panggilan itu. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here