Disidang, Eks Karyawan Apple Bantah Curi Dokumen Rahasia

Telset.id, Jakarta – Zhang Xiaolang, mantan karyawan Apple yang dituduh mencuri dokumen rahasia tentang konsep mobil otonom untuk startup di China, mengaku tak bersalah di pengadilan San Jose, California, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Zhang ditangkap beberapa saat sebelum menaiki pesawat menuju China. Ia dituduh mencuri dokumen rahasia konsep mobil otonom saat masih berstatus sebagai teknisi Apple. Ia dikabarkan akan pindah kerja ke Xiaopeng Motors atau Xmotors.

Dilaporkan CNET, Rabu (18/7/2018), kala menghadiri sidang di pengadilan San Jose, Zhang mengenakan kemeja dan celana khaki. Ia ditemani oleh seorang perempuan, mendengarkan keputusan hakim melalui seorang penerjemah.

Jaksa mengatakan bahwa Zhang mengaku kepada Biro Investigasi Federal telah memindahkan dokumen rahasia berisi konsep teknologi mobil otonom Apple ke laptop istrinya agar bisa terus mengaksesnya.

Xmotors mengaku sudah bekerja sama dengan pihak berwenang tetapi tidak menemukan indikasi bahwa Zhang pernah mengomunikasikan informasi sensitif apa pun dari Apple. Xmotors merasa tidak mendapatkan apapun dari Zhang.

Meski mengaku tidak bersalah selama persidangan, Zhang berpotensi terkena hukuman 10 tahun penjara dan denda USD 250 ribu. Tentu saja, hukuman dan denda diberikan apabila Zhang ternyata terbukti melakukan pelanggaran hukum.

Pada 2015, jajaran petinggi Apple menyetujui rencana membangun kendaraan listrik otonom alias tanpa pengemudi guna menyaingi Tesla dan Detroit. Untuk mewujudkannya, Apple mempekerjakan lebih dari 1.000 insinyur. [SN/HBS]

Sumber: CNET

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI