Mirip Transformer, Kendaraan Militer AS Pakai Roda Segitiga

Telset.id, Jakarta – Militer Amerika Serikat (AS) memperkenalkan kendaraan tempur futuristik dengan sistem Ultra Survivable. Kendaraan bernama X-Vehicle tersebut merupakan bagian dari proyek rahasia Defense Advanced Research Project Agency (DARPA).

Dikutip Telset.id dari Daily Mail, Selasa (26/06/2018), X-Vehicle berfungsi untuk melindungi pasukan AS ketika terjun ke area hutan belantara. Bahkan, X-Vehicle juga diklaim mampu menerobos area dengan kondisi jalan yang sulit untuk dilalui.

Yang paling menarik, X-Vehicle punya roda yang mampu berubah dari ban biasa menjadi roda berbentuk segitiga, layaknya roda Transformer.

Baca juga: Militer Amerika Pakai Kontroler Game untuk ‘Operasikan’ Kapal

Perubahan bentuk roda hanya membutuhkan waktu dua detik saja, dengan sekali menekan tombol. Bahkan, perubahan roda juga bisa dilakukan ketika X-Vehicle sedang beroperasi.

X-Vehicle juga dilengkapi sistem sensor multiple onboard dan teknologi peningkat resolusi tinggi yang memungkinkan pengendara untuk memantau situasi dengan jangkauan 360 derajat.

DARPA menyatakan, tujuan utama proyek Ground X-Vehicle Technologies (GXV-T) itu adalah meningkatkan mobilitas, daya tahan hidup, keamanan, dan efektivitas prajurit dalam skenario pertempuran di masa yang akan datang.

Baca Juga: Amerika Beri Militer Filipina Enam Drone Pengintai

“Kami mencari cara untuk meningkatkan daya tahan hidup dengan menambah tombol di kokpit serta kru asisten pengemudi,” papar Mayor Amber Walker, manajer program GXV-T di Departemen Taktik Teknologi DARPA.

“Untuk mobilitas, kami mengambil pendekatan radikal dengan menghilangkan persenjataan. Kami memilih untuk melakukan pengembangan di bagian penggerak supaya kendaraan mampu bergerak cepat serta tanpa kendala meski melewati beragam kondisi jalan,” lanjut Walker.

Baca Juga: Militer AS Uji “Humvee Otonom” Penyapu Ranjau

X-Vehicle juga kemungkinan bakal memiliki opsi perubahan roda terbaru. Sebab, kontraktor perusahaan yang memenangkan tender tahap kedua pryek GXV-T, Caneguie Mellon dikabarkan tengah mengembangkan bentuk roda lain yang bisa menjadi teknologi perintis kendaraan tempur canggih. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0