Militer Amerika Pakai Kontroler Game untuk ‘Operasikan’ Kapal

Telset.id, Jakarta – Jika kita berbicara tentang kapal perang, tentu saja hal yang pertama kita bayangkan adalah peralatan elektronik yang serba canggih dengan ratusan tombol yang rumit. Tapi pernahkah Anda membayangkan, jika kapal perang dioperasikan dengan sebuah kontroler game?

Percaya atau tidak, pihak militer Amerika ternyata memiliki sebuah perangkat untuk mengoperasikan salah satu alat di dalam kapal yang tidak terfikirkan sebelumnya. Ya, Angkatan Laut AS memilih untuk menggunakan kontroler XBOX 360 untuk mengoperasikan periskop di dalam kapal mereka.

[Baca juga: Huawei Ledek Kegagalan Face ID Saat Peluncuran]

Keputusan ini diambil setelah mereka sekian lama menggunakan sebuah tuas pengendali helikopter untuk menggerakkan periskop. Merasa kesulitan menggunakannya, pada akhirnya para pelaut Amerika ini memilih untuk menggantinya dengan kontroler XBOX 360.

Salah satu pertimbangan memilih kontroler XBOX 360 adalah karena harganya yang lebih murah. Untuk sebuah stik helikopter, mereka harus mengeluarkan dana sebesar USD 38 ribu atau sekitar Rp 500 juta, jika kontroler tersebut rusak. Sementara dengan controller XBOX 360, mereka hanya merogoh kocek USD 20 atau sekitar Rp 260 ribu.

[Baca juga: Setelah India, Aplikasi Bernama Tez Siap Hadir di Indonesia]

“Jika rusak, saya bisa pergi ke toko video game dan mendapatkan pengendali Xbox 360 di manapun di dunia. Jadi itu membuat penggantian yang sangat mudah,” ujar Kepala Senior Kapal, Mark Eichenlaub seperti dikutip dari laman The Verge.

Sebagai informasi, kontroler XBOX 360 adalah hasil ciptaan perusahaan piranti lunak terbesar di dunia. Tak ada yang menyangka jika kontroler yang biasa untuk memainkan game itu bisa juga dipakai di kapal perang. [NC/HBS]

SourceThe Verge

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI