Militer AS Uji “Humvee Otonom” Penyapu Ranjau

Telset.id, Jakarta – Militer Amerika Serikat (AS) tengah mengetes truk jenis Humvee tanpa pengemudi bernama Wingman. Truk perang otonom ini diproyeksikan sebagai penyapu ranjau untuk membantu tentara AS yang terjebak di medan perang.

Dikutip dari DailyMail, Wingman sedang diuji untuk melihat sejauh mana akurasi identifikasi serta kemampuan menembaknya ke arah sasaran.

Di atas Wingman terpasang senapan mesin kaliber .50 dan sistem pengaturan remote otonom. Remote itu terhubung dengan kendaraan komando milik milter angkatan darat AS.

[Baca juga: Taksi Terbang Buatan Airbus Siap Uji Terbang]

“Keberadaan Wingman digadang bisa mempercepat identifikasi target. Ia bakal kami gunakan untuk bertempur di area penuh ranjau milik musuh,” jelas Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Otomotif Tank Angkatan Darat AS, Paul Rogers.

Nantinya, Wingman akan beroperasi di depan pasukan militer AS. Wingman bakal dilengkapi Torpedo Bangalore, tabung peledak untuk memusnahkan rintangan serta membersihkan ranjau.

Wingman dikontrol oleh tiga petugas. Mereka mengoperasikannya dari kendaraan komando. Di manapun Wingman berada, kendaraan komando pasti ada tak jauh darinya.

[Baca juga: Ribuan Mobil Siap Dijadikan Taksi Tanpa Awak]

Pemanfaatan kendaraat semirobot oleh militer AS tak cuma dilakukan kali ini. Pada 2003 lalu, mereka memakai robot bersenjata dalam perang Irak. Namun, dulu militer AS tak melakukan pengujian sebelum menggunakannya. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0