Malware Ini Bisa Bikin ATM “Muntahkan” Uang

Telset.id, Jakarta – Tim peneliti Kaspersky Lab baru-baru ini menemukan sebuah malware jenis baru. Kali ini, malware bernama Cutlet Maker ini tidak menyerang komputer atau smartphone, melainkan menyerang mesin ATM.

Malware Cutlet Maker ini sangat berbahaya dan sangat ‘hebat’ saat melakukan aksinya. Saat dimasukkan ke mesin ATM, secara otomatis mesin tersebut akan memuntahkan seluruh uang yang ada di dalam penyimpanan.

[Baca juga : Waspada!! Malware Spionase FinSpy Kembali Berulah]

Malware ini bebas diperjualbelikan di situs dark web bernama AlphaBay. Cutlet Maker sudah dijual semenjak 27 Maret 2017 silam. Yang parahnya lagi, cara menggunakan malware ini sangat mudah dan dalam paket penjualan terdapat sebuah buku petunjuk penggunaan.

“Cutlet Maker, tidak membutuhkan pengetahuan tingkat lanjut ataupun keterampilan komputer profesional dari para pelaku kejahatan, berhasil mengubah aksi peretasan ATM dari operasi siber ofensif yang canggih, menjadi sebuah aksi illegal yang sangat mudah untuk mendapatkan uang. Malware ini tersedia bebas bagi siapa saja yang memiliki beberapa ribu dolar untuk membeli perangkat lunak jahat tersebut,” ujar peneliti keamanan di Kaspersky Lab, Konstantin Zykov.

Masih belum jelas apakah malware ini sudah benar-benar digunakan secara bebas dalam serangan. Yang jelas, beberapa peneliti keamanan sudah terdeteksi beredar oleh komunitas keamanan sejak bulan Juni 2016. Pada saat itu, sampel diserahkan ke layanan publik multi-scanner dari Ukraina, namun kemudian ada juga pengiriman dari negara lainnya.

[Baca juga: Kepolisian Inggris Main Game untuk Latihan ‘Ngebut’]

“Ini bisa menjadi menjadi ancaman berbahaya bagi lembaga keuangan. Tetapi yang lebih penting adalah saat beroperasi, Cutlet Maker dapat berinteraksi dengan perangkat lunak dan perangkat keras ATM, hampir tidak menemui hambatan keamanan sama sekali,” jelas peneliti Kaspersky Lab.

Hingga saat ini, masih belum diketahui siapa aktor dibalik pembuat malware tersebut. Yang pasti, saat diteliti, ada indikasi bahwa kreator dari malware ini bukan seseorang penutur asli bahasa Inggris. [NC/HBS]

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI