Mahasiswa Bikin Kaki Palsu untuk Kucing Gunakan Printer 3D

Telset.id, Jakarta – Beberapa mahasiswa University of Wisconsin-Madison melakukan inovasi. Mereka membuat kaki palsu untuk seekor kucing betina menggunakan bantuan alat cetak atau printer 3D.

Wakil Presiden Komunitas Kucing, Sarah Close, mengaku pihaknya menemukan seekor kucing dengan kaki terinfeksi pada September 2019. Ia lalu menyerahkannya ke tempat penampungan Whitewater.

Seorang dokter hewan kemudian mengamputasi kaki bagian belakang kucing itu. Pengelola penampungan lantas mengupayakan bantuan untuk membantu si kucing supaya bisa berjalan lagi secara normal.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Kornea Mata Pakai Printer 3D

Gayung pun bersambut. Dilansir New York Post, para mahasiswa membuat prosthetics menggunakan printer 3D dan tali tambahan. Kaki palsu akhirnya jadi dan dipasangkan ke kucing bernama Stubbs tersebut.

Seperti dikutip Telset.id, Minggu (5/5/2019), pemilik baru Stubbs, Adam Schofield, dari Oak Creek merasa sangat terkesan dengan prosthetics karya para mahasiswa. Ia berharap, Stubbs akan terbiasa menggunakannya.

Beberapa waktu lalu, para peneliti dari University of Toronto, Kanada, juga mengembangkan printer 3D kulit berukuran portabel. Perangkat tersebut bisa menempelkan kulit 3D di lengan atau bagian tubuh lain.

Para peneliti mengatakan bahwa alat itu adalah printer 3D pertama di dunia yang bisa membentuk kulit secara langsung di atas luka dalam waktu cuma kurang dari dua menit. Kinerjanya pun diklaim super cepat.

{Baca juga: Keren! Kubah Bahan Bakar Satelit Ini Dibuat dengan Printer 3D}

Teknologi yang diterapkan tersebut serupa dengan cangkok kulit. Bedanya, printer 3D buatan para ilmuwan dari University of Toronto tidak memerlukan kulit sehat dari donor untuk dicangkokkan.

https://nypost.com/2019/05/03/wisconsin-college-students-create-3d-printed-legs-for-cat/

Previous articleTerungkap Driver Uber yang Ditangkap di Australia Sering Menipu
Next articlePengguna Bisa Atur Waktu Aktivasi Dark Mode di Android Q

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here