Luar Biasa! NSN & SK Telecom Pamer Kecepatan LTE Hingga 3,78 Gbps

BTS 4G LTE

Jakarta –Belum lama ini Nokia Solutions and Networks (NSN)bersama operator telekomnunikasi Korea Selatan, SK Telecom, memamerkan kemampuan jaringan LTE super cepatnya yang berhasil mencatat rekor kecepatan di jaringan LTE.Berapa kecepatannya?

Jika pada kebanyakan jaringan LTE ‘hanya’ mampu mencapai kecepatan sekitar 150 Mbps atau 300 Mbps dengan LTE-Advanced, NSN dan SK Telecom mengklaim berhasil menembus kecepatan 3,78 Gbps, baik itu pada TDD dan FDD LTE.

Anda tahu apa yang bisa dihasilkan dengan kecepatan tersebut? Kecepatan 3,78 Gbps itu memungkinkan Anda untuk mengunduh film sebesar 5GB kualitas HD hanya dalam 11 detik. Luar biasa..!!

“Pencapaian trhoughput yang signifikan ini adalah bukti kepemimpinan kami dalam memberikan koneksi tercepat dan kualitas terbaik untuk pelanggan yang menggunakan data tingkat lanjut,” kata Alex Jinsung Choi, Executive Vice President and Head of ICT R&D Division SK Telecom, yang dikutip telsetNews dari Telecom Lead, Senin (16/6/2014).

Dalam percobaan tersebut, SK Telecom menggunakan solusi Single RAN dari NSN, termasuk Flexi Multiradio 10 Base Station yang ditingkatkan dengan software untuk gabungan spektrum TDD dan FDD LTE dan untuk mengimplementasikan teknologi LTE-Advanced Multiple Input Multiple Output (MIMO).

Korea Selatan memang cukup beruntung karena merupakan salah satu negara yang sudah menikmati jaringan berkecepatan tinggi LTE-Advanced. Sayangnya, pengguna di Indonesia hingga kini masih belum bisa menikmati teknologi jaringan seluler generasi keempat itu.

Menurut informasi yang didapat, para operator seluler di Indonesia, seperti Telkomsel dan XL Axiata baru akan menggelar layanan LTE mereka secara komersial pada akhir tahun ini. Namun apakah kecepatannya bisa seperti yang dijanjikan? Sementara untuk layanan 3G saja kecepatannya masih “empot-empotan”. Kita lihat saja di akhir tahun nanti. [HBS]

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI