Nonton Film di LK21 atau Netflix, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

LK21 vs Netflix

Telset.id, Jakarta – Nonton film online LK21 dan Netflix ada kelebihan dan kekurangannya. Masing-masing orang punya pilihan dan selera. Tapi, Anda juga harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari LK21 vs Netflix.

Selama masa pandemi Covid-19, banyak yang nonton film gratis melalui situs streaming ilegal, seperti LK21 dan IndoXXI.

Sementara sebagian orang memilih untuk menonton secara legal via situs streaming film seperti Netflix, iFlix, Viu dkk. Lantas, kalian pilih yang mana?

Situs streaming ilegal adalah layanan film yang bisa diakses melalui alamat situs ataupun aplikasi. Biasanya mereka sering bergonta-ganti domain untuk menghindari pemblokiran.

Meski pemerintah terus menjalankan “operasi pembersihan” dengan melakukan pemblokiran pada situs-situs film ilegal, namun hal itu tak membuat nyali para pembuatnya ciut.

Kalau Anda sering browsing Internet, sangat banyak situs film ilegal yang bisa dijumpai. Sebut saja nama-nama situs yang sudah cukup kondang, seperti LK21 atau Layarkaca21, IndoXXI, Ganool, Gudang Film, Cinema21, Juragan Film, dan masih banyak lagi.

Layanan streaming film LK21 dan IndoXXI atau situs abal-abal lainnya, dianggap ilegal karena melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena tidak ada izin dari pembuat film.

Meski begitu, para penikmat film seperti tidak peduli. Mereka bahkan masih tetap getol berburu link LK21 atau IndoXXI, walaupun situs-situs tak resmi itu sering kucing-kucingan berganti domain.

{BACA JUGA: 15 Situs Nonton Film Online Gratis, Link Terbaru 2020!}

Sementara itu, situs streaming resmi, seperti Netflix, iFlix, Viu dan lainnya, juga bisa diakses melalui alamat situs atau aplikasi mobile.

Bedanya semua film atau konten lain yang tersedia di platform sudah melalui persetujuan pembuat film sehingga menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Jika diperhatikan, situs ilegal maupun legal memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menyediakan layanan. Nah, tim Telset.id akan mengulas tentang apa saja kelebihan dan kelurangan dari LK21 vs Netflix.

Kelebihan Streaming Ilegal 

Tak bisa dipungkiri walaupun statusnya ilegal, ada beberapa kelebihan yang membuat banyak pengguna mengakses situs streaming ilegal. Pengguna memilih untuk mengunjungi situs LK21, IndoXXI dan situs lainnya demi mendapatkan film-film favorit mereka.

Kelebihan pertama adalah gratis. Yups, orang Indonesia memang sangat suka sekali dengan yang gratisan, maka jangan heran jika layanan nonton film streaming gratisan sangat laku keras.

LK21 dan IndoXXI menawarkan ratusan film yang bisa disaksikan streaming atau di-download secara gratis. Anda hanya perlu mengunjungi situs atau aplikasi dan Anda bebas memilih film yang disukai.

Dengan layanan yang gratis Anda tinggal perlu menyiapkan memori yang cukup dan kuota internet agar bisa streaming film atau mengunduh film dengan nyaman.

Kelebihan kedua adalah bisa menyaksikan film terbaru. Sebagai penyedia film ilegal, IndoXXI dan juga LK21 sering menyediakan film-film terbaru yang sebenarnya masih tayang di bioskop.

Film terbaru biasanya hadir di laman depan situs atau aplikasi sehingga pengguna bisa menyaksikan film favorit tanpa perlu menontonnya di bioskop.

{BACA JUGA: LK21 aka Layarkaca21, Aplikasi Nonton Film Gratis Paling Ngehits}

Kelebihan ketiga adalah situs streaming film ilegal menyediakan banyak film dari berbagai genre film dan negara. Anda bisa memilih film dengan genre action, comedy, romance, horror dan lain sebagainya.

Anda juga dapat menyaksikan film-film favorit dari berbagai negara, seperti dari Korea Selatan, India, Amerika Serikat, Indonesia, Thailand dan lain sebagainya.

Kekurangan Streaming Film Ilegal 

Situs streaming film ilegal bukan berarti tanpa kekurangan. Pertama adalah kualitas film. Tidak semua film tersedia dalam format video High Definition (HD). Ada juga film-film yang kualitas videonya rendah sehingga Anda tidak bisa menyaksikannya dengan nyaman.

Kekurangan kedua adalah tidak aman. Situs LK21 dan lainnya berpotensi menyimpan malware yang berbahaya bagi pengguna yang mengaksesnya. Malware bisa masuk ke dalam perangkat dan data-data pribadi bisa saja diambil tanpa diketahui pengguna.

Selain itu situs streaming ilegal juga mengambil data pengguna situs tanpa izin dari itu cukup berbahaya. Untuk itu Anda harus hati-hati saat mengakses situs streaming film ilegal.

Kelebihan Situs Streaming Resmi 

Situs streaming resmi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapat konten-konten film yang menghibur. Di Indonesia ada banyak streaming resmi yang bisa dipilih seperti Netflix, iFlix, VIU, GoPlay, Vidio dan lain sebagainya.

Situs streaming resmi memiliki banyak kelebihan dibandingkan yang ilegal. Pertama adalah situsnya aman. Sebagai layanan resmi, Netflix dan layanan lainnya pasti sudah menyiapkan situsnya dengan aman.

Sudah ada tim yang menjaga agar semua kegiatan streaming film melalui situs atau aplikasi aman dan tidak ada serangan malware. Hal ini jauh lebih baik ketimbang layanan nonton film ilegal.

Kelebihan yang kedua adalah mendukung industri film. Ya, dengan menonton film melalui situs resmi, maka Anda mendukung industri film. Hal ini karena Netflix dan layanan resmi bermitra dengan penyedia konten untuk memberi lisensi hak streaming.

Artinya setiap film yang Anda saksikan di situs resmi akan secara otomatis akan memberikan keuntungan bagi pembuat film, baik para pembuat film di luar negeri maupun di Indonesia.

Kelebihan ketiga adalah video yang ditawarkan berkualitas bagus. Mayoritas penyedia streaming film menawarkan film dengan kualitasi video HD. Dengan kualitas yang tinggi Anda bisa menyaksikan film dengan lebih nyaman dan jelas.

Kekurangan Streaming Film Resmi 

Penyedia layanan streaming film resmi juga punya kekurangan. Terdapat dua kekurangan dari layanan ini, yang pertama adalah berbayar. Di Netflix misalnya, Anda harus berlangganan dan membayar setiap bulannya kepada penyedia layanan.

Terdapat beberapa tingkatan tarif yang bisa Anda pilih, dan biasanya semakin mahal maka layanan yang didapat semakin bagus. “Kekurangan” ini yang terkadang membuat orang enggan berlangganan Netflix dan memilih LK21 atau IndoXXI yang gratis.

{BACA JUGA: 10 Situs Nonton Film Online Gratis Terbaru 2020, Pengganti IndoXXI}

Lalu kekurangan yang kedua adalah film terbaru seringkali terlambat hadir di platform. Seringkali justru situs streaming ilegal lebih dahulu memiliki film-film terbaru sehingga pengguna situs resmi harus menunggu lebih lama.

Kenapa bisa begitu? Karena situs nonton film seperti LK21, IndoXXI dan lainnya bisa menayangkan film-film terbaru yang masih tayang di bioskop karena memperolehnya secara ilega, alias bajakan.

Sementara Nerflix dkk memiliki aturan ketat untuk tidak menayangkan film bajakan. Alhasil, film-film terbaru tidak bisa langsung tayang di layanan mereka.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan menonton film dari situs streaming film legal dan ilegal kan. Saran kami, sebaiknya Anda pilih yang legal. Tapi kembali lagi keputusa di tangan Anda. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here