telset

Lensa Kontak Ini Bisa Atasi Buta Warna

Telset.id, Jakarta  – Ada kabar baik bagi para penderita buta warna. Dilansir Ubergizmo, sepasang lensa kontak baru berteknologi tinggi bakal membantu memperbaiki masalah kebutaan warna.

Cuma, lensa kontak ini belum bisa Anda miliki. Sebab, para peneliti masih dalam tahap mengembangkannya.  Yang jelas, jika penelitian rampung, masalah buta warna bakal teratasi.

{Baca juga: Color Binocular, Aplikasi untuk Penderita Buta Warna}

Dikutip Telset.id, Jumat (6/3/2020), para peneliti memasukkan perangkat optik ultra-tipis yang dikenal sebagai metasurfaces ke lensa kontak off-the-shelf untuk memperbaiki deuteranomaly.

Infotmasi menyebut bahwa bentuk kebutaan warna merah-hijau sedang ditangani oleh lensa kontak berteknologi tinggi ini. Untuk menjelaskan lebih lanjut, penelitian ini menguraikan penjelasan lain.

Para peneliti mengemukakan bahwa lensa kontak menggunakan metasurfaces berdasarkan elips emas ukuran nano-metrik untuk menciptakan cara yang disesuaikan, kompak ,dan tahan lama.

Secara keseluruhan, sepertinya banyak pekerjaan presisi, tetapi untuk kebaikan yang lebih besar. Secara teknis, lensa kontak tersebut merupakan alternatif yang lebih baik daripada yang tersedia.

{Baca juga: SeeColors, Aplikasi yang Membantu Penderita Buta Warna}

Saat ini, tes klinis harus dilakukan sebelum mengomersilkannya ke pasar. Tapi, setidaknya, kabar ini merupakan berita positif tentang perbaikan lensa kontak untuk membantu masalah buta warna.

Sebelumnya, Samsung juga telah bekerjasama dengan perusahaan Hungaria Colorlite menciptakan sebuah aplikasi yang disebut #SeeColors, teknologi inovatif yang akan ada pada kacamata koreksi warna.

Aplikasi ini juga tersedia untuk smartphone selain itu juga Smart TV berbasis Tizen, sehingga dapat dipegunakan berbagai macam orang yang terkena dampak CVD.

Cara kerja aplikasi ini pertama memastikan kondisi si penderita buta warna dengan cara mengkalibrasi sejauh mana penderita mengalami CVD. Kemudian data ini digunakan untuk mengkalibrasi televisi sesuai kebutuhan pengguna.

Aplikasi seluler saat ini tersedia di Google Play Store dan Galaxy Apps. Sayangnya baru negara Hungaria, Rumania, dan Bulgaria yang sudah terpasang di Samsung 2016 televisi SUHD. [SN/HBS]

Simak video terbaru Samsung Galaxy Z Flip Unboxing:

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0