Ditanya Konsolidasi, XL Axiata: Tunggu Ada yang Meminang

Telset.id, Jakarta – Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya berkomentar mengenai isu konsolidasi perusahaan di Hari Ulang Tahun (Ultah) ke-24 XL Axiata. Menurutnya XL terbuka dengan opsi konsolidasi perusahaan.

Saat konferensi pers Ultah XL Axiata ke-24 pada Kamis (08/10/2020), Yessie sempat ditanya apakah di usia yang ke-24 tahun XL Axiata ingin melakukan konsolidasi.

Dengan sedikit bercanda Yessie menjawab bahwa konsolidasi bisa saja dilakukan dan XL sedang menunggu siapa perusahaan yang akan melakukan konsolidasi dengan perusahaan yang identik dengan warna biru tersebut.

“Tunggu ada yang meminang,” jawab Yessie.

{Baca juga: XL Ajak Masyarakat Donasi Smartphone di Ultah ke-24}

Yessie mengakui bahwa konsolidasi perusahaan akan membuat industri telekomunikasi bisa lebih efisien. Proses pembangunan jaringan dari Sabang sampai Merauke bisa lebih maksimal ketika jumlah operator seluler yang beroperasi tidak terlalu banyak.

“Perlu diketahui bahwa dunia telekomunikasi akan jauh lebih efisien pada saat memang terjadinya konsolidasi,” tutur Yessie.

Terakhir Yessie menilai  perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang sekarang berjumlah 5 perusahaan bisa dikurangi menjadi 3 perusahaan saja caranya dengan melakukan konsolidasi.

“Kalo ototnya bersatu dari 5 menjadi misalnya kurang lebih rata-rata di negara lain menjadi 3 jadi mungkin akan jauh lebih efisien untuk membangun di suatu tempat,” tutup Yessie.

Isu konsolidasi memang terus ramai di industri telekomunikasi. Misalnya tahun lalu Hutchison Holdings Ltd melakukan pendekatan dengan Axiata Group atau perusahaan induk dari XL Axiata. Ada kabar, jika hal ini terkait konsolidasi operator telekomunikasi di Indonesia.

Dilansir Telset.id dari Bloomberg pada Kamis (12/09/2019), Hutchison secara informal menyatakan minatnya untuk mengeksplorasi kombinasi bisnis di Indonesia, yaitu XL Axiata.

Menurut keterangan dari seorang sumber kedua belah pihak belum melakukan negosiasi secara subtantif terkait rencana tersebut.

{Baca juga: Hutchison Dekati XL Axiata, Mau Konsolidasi?}

Namun saham XL Axiata naik 9,8% dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia pada Selasa pagi (10/09/2019) di Jakarta atau yang tertinggi sejak 18 Februari lalu.

Tahun ini saham XL Axiata sudah naik sekitar 76%, sehingga valuasi perusahaan sudah mencapa USD$ 2,65 miliar atau Rp 35,9 triliun. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0