Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy A72, Wajib Tahu!

Telset.id – Samsung Galaxy A72 merupakan model tertinggi dari tiga Galaxy Series terbaru yang dibawa Samsung ke Indonesia. Smartphone ini tentu saja membawa beberapa kelebihan dibandingkan Galaxy A32 ataupun Galaxy A52, tapi Samsung Galaxy A72 pun tak luput dari kekurangan.

Kali ini, tim Telset akan menjelaskan seputar kelebihan dan kekurangan pada Samsung Galaxy A72 yang diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu.

Ulasan seputar kelebihan dan kekurangan ini wajib Anda ketahui sebelum membeli HP 5 jutaan terbaru dari Samsung tersebut. Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

{Baca juga: Samsung Galaxy A72 Dirilis, Bawa Snapdragon 720G dan Baterai Besar}

Kelebihan Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A72 menyimpan cukup banyak kelebihan di hampir seluruh aspek smartphone. Mulai dari desain, layar, spesifikasi, hingga ke kamera. Berikut ini daftar kelebihan dari Samsung Galaxy A72:

1. Layar 90Hz

Samsung Galaxy A72 4G

Samsung Galaxy A72 hadir dengan mengusung layar berjenis Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Layar dengan bentang yang besar ini sudah beresolusi Full HD+ dengan tingkat cahaya layar hingga 800 nits.

Selain menyuguhkan tampilan yang bagus, kaya warna, dan kontras yang menakjubkan, layar ini pun sudah mendukung refresh rate 90Hz. Layar tersebut mampu menampilkan konten dengan transisi gambar yang halus.

2. Sertifikasi IP67

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A72
Samsung Galaxy A72 Series

Selain Galaxy A52, Galaxy A72 juga sudah mengantongi sertifikat IP67. Ya, HP terbaru Samsung itu dapat “ditenggelamkan” di kedalaman 15 cm hingga 1 meter selama 30 menit.

Akan tetapi, tidak disarankan untuk membawa ponsel ini ke pantai, penggunaan kolam renang, dan air sabun. Apabila pengguna tak sengaja menumpahkan cairan yang mengandung gula ke ponsel, segera bilas perangkat dengan air bersih yang tergenang sambil mengklik tombol.

{Baca juga: 10 HP Samsung Terbaru April 2021, Rekomendasi HP Buat Lebaran}

3. Kamera 64MP dengan OIS

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A72 mengandalkan kamera utama dengan sensor 64MP. Kamera tersebut sudah dilengkapi dengan dukungan OIS atau optical image stabilization.

Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat merekam video berkualitas secara stabil. Selain itu, ada fitur Ultra Steady atau penstabil gambar berbasis software. Dipadukan dengan OIS, pengguna dapat merekam video secara stabil kapanpun dia mau.

4. Konfigurasi Kamera Lengkap

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Dibandingkan dengan Galaxy A52, kelebihan Samsung Galaxy A72 terletak pada konfigurasi kameranya yang lengkap. Smartphone ini memiliki empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Terdapat kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 12 MP, kamera telephoto 8 MP, dan kamera makro 5 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 32 MP.

Pengguna pun bisa lebih leluasa mengambil gambar dengan kamera smartphone ini. Ingin foto dari jarak jauh? Bisa memanfaatkan kamera telephoto 8MP.

Sementara untuk mengambil foto dengan detail lebih baik, dapat memanfaatkan kamera 64MP. Kamera selfie-nya pun mumpuni bagi para penggemar swafoto.

5. Speaker Stereo

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Samsung sudah sejak lama meracik sektor audio pada ponsel terbarunya bersama dengan AKG. Galaxy A72 adalah salah satu HP terbaru Rp 5 jutaan yang sudah dilengkapi dengan speaker besutan AKG.

Ditambah, speaker ini pun sudah stereo yang menghasilkan kualitas suara lebih baik. Apalagi, ada pula fitur Dolby Atmos yang membuat suara lebih kaya dengan kedalaman dan detail yang lebih ditingkatkan.

Satu lagi kelebihan di sisi audio, Samsung Galaxy A72 dilengkapi dengan jack audio 3,5mm. Pengguna dapat dengan bebas menggunakan headphone kabel ataupun wireless untuk mendengarkan musik, menonton konten favorit, hingga game terbaik di Android.

{Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy A52 vs Samsung Galaxy A72: Bagus Mana?}

6. Kapasitas Memori Besar

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Galaxy A72 sudah memiliki memori penyimpanan sebesar 128 GB atau 256 GB. Apabila dirasa kurang cukup, pengguna dapat memperluas ruang memori hingga 1 TB menggunakan microSD.

7. Baterai Besar dengan Fast Charging

Samsung Galaxy A72 sudah ditopang oleh baterai 5.000 mAh. Baterainya juga telah mendukung fast charging 25W.

Berbeda dengan Galaxy A52 yang hanya dibekali adaptor charger 15W saja dalam paket pembelian, Samsung telah membekali adaptor charger 25W pada boks Galaxy A72.

Kekurangan Samsung Galaxy A72

Meski jadi versi tertinggi, Samsung Galaxy A72 juga punya kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari ponsel tersebut menurut tim Telset:

1. Spesifikasi Sama dengan Galaxy A52

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Di atas kertas, spesifikasi Samsung Galaxy A72 dengan Galaxy A52 sebenarnya mirip. Keduanya sama-sama ditenagai oleh prosesor Snapdragon 720G, RAM 8 GB, serta memori penyimpanan sebesar 128 GB/ 256 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB.

Begitu juga dengan kamera yang punya konfigurasi hampir sama. Yang jadi pembeda, Galaxy A52 punya kamera depth 5MP, sementara Galaxy A72 dilengkapi dengan kamera telephoto 8MP yang punya kemampuan 3x optical-zoom.

2. Harga Terlampau Mahal

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Jika dilihat dari sisi harga, sebenarnya Galaxy A52 lebih worth it untuk dibeli daripada Galaxy A72. Alasan utamanya, karena selisih harga kedua ponsel sekitar Rp 1 juta.

Dibanderol dengan harga Rp 5,9 juta hintta Rp 6,3 jutaan, sebagian besar spesifikasi yang disematkan pada Galaxy A72 sama saja dengan Galaxy A52.

{Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan dari HP Terbaru Samsung Galaxy A52}

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Smartphone ini meluncur dengan mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Resolusinya sudah Full HD+ dan mendukung refresh rate 90Hz yang bakal menampilkan konten dengan transisi lebih halus.

Kinerjanya ditopang oleh prosesor Snapdragon 720G, RAM 8 GB, dan memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB yang dapat diperluas hingga 1 TB menggunakan microSD.

Sumber dayanya didukung baterai berkapasitas 5.000 mAh dan pengisian daya dengan output 25W. Sama seperti Galaxy A52, pada Galaxy A72 juga sudah mengantongi sertifikasi tahan air dan debu IP67.

Untuk keperluan mengabaikan momen, Samsung memberikan empat kamera belakang yang komposisinya terdiri dari kamera utama 64 MP dengan OIS, kamera ultra wide 12 MP, kamera telephoto 8 MP, dan kamera makro 5 MP. Sementara kamera selfie beresolusi 32 MP.

Fitur pendukung lainnya meliputi, NFC, jack audio 3,5 mm, dan pengisian daya melalui port USB Type C.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A72
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, One UI 3.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
CPU Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori 128 GB/256 GB
Dimensi 159,9 x 75,1 x 8,4 mm
Layar Super AMOLED, 6.7 inches Full HD+
Kamera Utama 64 MP + 12 MP + 8 MP + 5 MP
Kamera Depan 32 MP
Beterai 5000 mAh, Fast charging 25W
Warna Black, Blue, purple, white
Harga Rp 5,9 juta – Rp 6,3 juta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI