Steam: Ini 10 ISP Indonesia yang Internetnya Paling Ngebut

Kecepatan Internet Indonesia

Telset.id, Jakarta – Bermain game online sangat bergantung dengan kualitas jaringan internet. Baru-baru ini, layanan streaming video game, Steam, merilis 10 Internet Service Provider (ISP) atau penyelenggara jasa internet di Indonesia yang memiliki kecepatan internet paling ‘ngebut’.

Ada 10 ISP di Indonesia yang masuk dalam daftar Steam dengan kualitas jaringan internet paling baik. Kualitas jaringan yang bagus, tentu saja sangat diidamkan para gamers.

{Baca juga: Dampak Bekerja dari Rumah, Trafik Internet Naik 10%}

Seperti yang Telset.id kutip dari situs Steam, trafik lnternet di Indonesia saat ini mencapai 3 PetaByte atau setara 3 juta GB. Angka itu didapat dari hasil pemantauan Steam selama seminggu atau 7 hari terakhir.

Kecepatan download dan upload rata-rata ISP tidak terlalu membanggakan, karena hanya berkisar diangka 11,2 Mbps. Sementara persentase trafik steam secara global mencapai 0,5%.

Jika dibandingkan per negera di Asia Tenggara, kecepatan download internet dari pengguna Indonesia yang mengakses layanan Steam tidak terlalu membanggakan.

Indonesia hanya lebih baik dari Brunei Darussalam dengan kecepatan 13,9 Mbps, Kamboja 13,2 Mbps, dan Laos 8,8 Mbps.

Sedangkan jika dibandingkan negara ASEAN lainnya, Indonesia masih jauh keteteran. Singapura masih menempati urutan teratas dengan 101,2 Mbps.

Kemudian selanjutnya Thailand 74,9 Mbps, Vietnam 42,6 Mbps, Malaysia 33,1 Mbps, dan yang terdekat Filipina 16,6 Mbps.

Sementara bicara soal kualitas jaringan ISP di Indonesia, Steam menempatkan Moratelindo di posisi teratas. ISP dengan produk layanan Oxygen ini mencatat kecepatan upload rata-rata 40,1 Mbps.

Sedangkan di posisi kedua ada MyRepublic ID dengan kecepatan unduh 36 Mbps, dan disusul pada peringkat ketiga adalah Biznet Networks dengan 28,5 Mbps.

Yang mengenaskan, Telkom dan Telkomsel berada di posisi paling buncit. Padahal kedua perusahaan plat merah ini memiliki infrastruktur jaringan Internet paling luas dan terbesar di Indonesia.

{Baca Juga: Cara Gampang Pindahkan Game Steam ke PC Lain}

IndiHome yang merupakan produk layanan Internet milik Telkom hanya berada di posisi 9 dengan kecepatan download hanya dikisaran 7,1 Mbps.

IndiHome hanya setingkat lebih baik dari anak usahanya Telkomsel, yang berada di posisi 10 dengan kecepatan unduh 6,7 Mbps.

Telkom yang mengusung IndiHome harus lebih berbenah. Karena selain kecepatannya masih lelet, layanan Internet yang ditawarkan masih jauh dari kata berkualitas.

Banyak sekali komplain dari pengguna yang ditumpahkan di media sosial. Mereka kecewa dengan layanan IndiHome yang lelet dan sering bermasalah.

Berikut ini daftar 10 ISP di Indonesia dengan koneksi paling kencang menurut Steam:

  1. PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) – 40,1 Mbps
  2. MyRepublic ID – 35,9 Mbps
  3. Biznet Networks – 28,4 Mbps
  4. PT Cyberindo Aditama (CBN) – 23,7 Mbps
  5. FirstMedia – 16 Mbps
  6. PT Cemerlang Multimedia – 13,8 Mbps
  7. PT MNC Kabel Mediacom – 12,2 Mbps
  8. MNC Playmedia – 11,9 Mbps
  9. PT Telkom Indonesia (Indihome) – 7,1 Mbps
  10. Telkomsel – 6,7 Mbps

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here