Kartu Debit Google Terungkap, Begini Bocorannya

Telset.id, Jakarta  – Ketika Apple meluncurkan kartu kredit bernama Apple Card, orang-orang terkejut. Mereka tidak menyangka Apple mulai bermain di ranah teknologi finansial atau kerap dikenal fintech. Dan kini, kartu debit Google kabarnya segera meluncur.

Ternyata, Apple tidak akan sendirian bermain di ladang tersebut. Sebab, menurut gambar yang bocor di internet, Google juga akan menghadirkan kartu fisik untuk transaksi keuangan. Seperti apa wujudnya?

{Baca juga: Google Pay, Cara Google Saingi Layanan Apple Pay}

Tidak seperti Apple Card yang merupakan kartu kredit, Google bakal menghadirkan sarana pembayaran fisik berupa kartu debit. Apa yang bisa Anda beli dengan kartu itu tergantung dari saldo di dalamnya.

Lain hal, Apple Card memberi pengguna jalur kredit yang dapat dilunasi pada bulan berikutnya. Dengan kata lain, Apple Card memberi kesempatan kepada Anda untuk berutang dengan cara menggesek.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (20/4/2020), kartu debit Google sepertinya bakal terkoneksi dengan Google Pay. Google  akan mendorong penggunaan layanan pembayarannya.

Informasi menyebut bahwa pengguna bakal bisa menambah serta menghapus dana jika diperlukan. Seperti lazimnya kartu debit, pengguna wajib mengamankan kartu dengan PIN untuk mencegah akses ilegal.

Bagaimana kata Google terkait bocoran soal kartu debit? “Kami sedang mengeksplorasi bagaimana bisa bermitra dengan bank dan serikat kredit untuk menawarkan rekening giro cerdas via Google Pay,” ujarnya.

Sebelumnya, pengguna perangkat Android sekarang sudah dapat mengakses aplikasi pembayaran Google Pay. Menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa melakukan berbagai transaksi secara cashless, bahkan sampai untuk mengirim maupun menerima uang.

Fungsi Google Pay mirip seperti aplikasi Apple Pay maupun Samsung Pay. Selain sebagai sarana untuk melakukan pembayaran, pengguna juga bisa memakainya untuk menyimpan tiket pesawat, tiket konser, kartu loyalitas, kartu hadiah, dan lainnya.

{Baca juga: Waduh! Apple Card Bisa Jadi Pisau Dapur}

Yang menarik, Google Pay juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan cara urunan bersama teman-teman mereka. Caranya, cukup klik menu transaksi pada aplikasi, pengguna bisa membagi tagihan kepada lima teman lainnya, sehingga mampu membuat waktu pembayaran lebih efektif.

Sayangnya, sampai saat ini Google Pay baru bisa diakses oleh pengguna perangkat Android di Amerika Serikat. Meski demikian, dalam waktu dekat Google Pay bisa dipakai oleh pengguna di Inggris. Sementara untuk negara lain, Google segera memberi konfirmasi. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here