Kamera Terkecil di Dunia Berukuran Sebutir Pasir

Kamera Terkecil di Dunia

Telset.id, Jakarta  – Kamera hadir dalam segala bentuk dan ukuran. Ada yang besar untuk mengambil gambar beresolusi tinggi, ada pula yang sangat kecil. Dan ternyata ukuran kamera terkecil di dunia saat ini hanya berukuran sebutir pasir.

Selama ini, kamera berukuran super kecil biasa digunakan untuk keperluan medis. Ambil contoh kamera OV6948 OmniVision. Kamera khusus tersebut diklaim sangat istimewa, baik secara ukuran maupun kegunaan.

{Baca juga: Proyektor Terkecil di Dunia, Bisa Dikantongi}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (25/10/2019), kamera OV6948 OmniVision berukuran sebesar butiran pasir. Ukurannya 0,575 x 0,575 x 0,232 milimeter, tetapi menghasilkan gambar berwarna 40.000 piksel.

Kamera OV6948 OmniVision dibekali chip RGB-back-side-illuminated RGB Bayer. Yang jelas, kamera itu bukan dirancang untuk fotografi waktu luang atau dipasang di smartphone. Kegunaannya untuk keperluan medis.

Kamera OV6948 OmniVision bisa dipasang ke alat bedah, dimasukkan ke dalam tubuh pasien untuk membantu proses operasi. Sebelumnya, operasi tertentu hanya membutuhkan ahli bedah untuk menangani pasien.

Sekarang, dengan bantuan kamera, ahli bedah dapat lebih mudah melakukan operasi. Ukuran kamera dan konsumsi daya yang rendah juga membantu menghasilkan lebih sedikit panas sehingga tak menyiksa pasien.

{Baca juga: Jepang Luncurkan Satelit dengan Roket Terkecil di Dunia}

Pada 2013 silam, OV2724 Omnivision menjadi kamera terkecil di dunia dengan ukuran 5 x 5 x 3.5 milimeter. Kamera tersebut mampu merekam gambar berresolusi tinggi dengan kecepatan 60 fps kualitas full HD 1080p. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here