Kamera AI Ini Bisa Melihat Cuma Pakai Bayangan

Telset.id, Jakarta  – Apakah mungkin bagi kita untuk melihat apa yang ada di sudut? Jawabannya adalah tidak. Sebab, kita hanya bisa melihat apa yang bisa dilihat oleh mata. Dan, mata kita tidak bisa membengkokkan sudut. Tapi kamera AI ini bisa melakukannya hanya dengan “melihat bayangan”.

Kamera cerdas ini merupakan hasil kerja yang dilakukan oleh para peneliti di Massachusetts Institute of Technology atau MIT. Hal mustahil itu kini bukanlah sesuatu yang mustahil lagi.

{Baca juga: Australia Pantau “Pengemudi Nakal” Pakai Kamera AI}

Seperti dilansir Telset.id dari Ubergizmo, para peneliti telah mengembangkan algoritma AI pada kamera yang mereka kembangkan. Bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, algoritma Artificial Intelligence atau AI bekerja bergantung kepada bayangan yang kemudian digunakan untuk memprediksi apa yang terjadi di sudut tanpa benar-benar melihatnya.

Algoritma kecerdasan buatan memprediksi transportasi cahaya, yang pada dasarnya adalah untuk mengatakan bagaimana cahaya bergerak dalam sebuah pemandangan. Dari situ, algortima akan memprediksi apa yang terjadi.P

Peneliti menampilkan video yang direkonstruksi sangat buram dan tidak mungkin untuk mengetahui apa yang sebenarnya bergerak. Faktanya, pergerakan memperlihatkan akurasi menakjubkan.

Teknologi tersebut dinilai memungkinkan untuk mobil otonom. Para peneliti ingin meningkatkan kualitas video secara keseluruhan. Mereka juga berharap bisa menguji teknologi itu di lingkungan yang lebih tidak terkendali.

{Baca juga: AI Pemburu Alien Deteksi Puluhan Sinyal Misterius}

Meski demikian, peneliti di MIT masih terus mencoba untuk menyempurnakannya. Ke depan, tidak diketahui apakah teknologi algortima AI karya peneliti di MIT bakal dikomersilkan untuk menunjang berbagai aktivitas manusia. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI