Australia Pantau “Pengemudi Nakal” Pakai Kamera AI

Telset.id, Jakarta – Kamera pengawas lalu lintas biasanya digunakan untuk memonitor pengemudi yang mengendarai kendaraan melampaui batas kecepatan. Tapi di Australia, kamera lalu lintas mampu menangkap pengemudi yang suka main HP saat berkendara.

Sekadar informasi, untuk menangkap pengemudi punya kebiasaan bermain smartphone, entah mengirim pesan teks atau menelepon sambil mengemudi, polisi mengalami sedikit kesulitan. Polisi pun cenderung melakukan pengawasan secara manual.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (2/12/2019), pemerintah Australia telah meluncurkan kamera kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pertama di dunia yang dapat menangkap pengemudi yang suka bermain smartphone.

{Baca juga: Waduh! Kurir FedEx “Lempar” Lensa Kamera Seharga Rp 21 Juta}

Teknologi tersebut akan kali pertama diperkenalkan di negara bagian New South Wales. Australia berharap, dengan kemampuan menemukan pengemudi yang suka main HP saat mengemudi, kamera AI akan mencegah kasus kecelakaan.

Menurut Menteri Jalan Australia, Andrew Constance, beberapa orang belum mendapatkan pesan tentang cara menggunakan smartphone secara legal dan aman. Mereka masih berpikir bisa menjamin keselamatan diri sendiri di jalan.

{Baca juga: Demonstran di Chili Pakai Laser Jatuhkan Drone Polisi}

“Padahal, mereka bisa saja membawa penumpang. Mereka juga berhadapan dengan pengguna jalan lain, termasuk pejalan kaki. Kebiasaan bermain smartphone sambil mengemudi jelas membawa celaka bagi masyarakat umum,” tegasnya.

Nantinya, pengemudi yang ketahuan bermain smartphone saat mengemudi selama tiga bulan pertama sistem diterapkan akan menerima surat peringatan. Setelah itu, pengemudi yang terpergok bakal terkena denda 344 dolar Australia atau setara Rp 3,2 jutaan. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI