Australia Pantau “Pengemudi Nakal” Pakai Kamera AI

Telset.id, Jakarta – Kamera pengawas lalu lintas biasanya digunakan untuk memonitor pengemudi yang mengendarai kendaraan melampaui batas kecepatan. Tapi di Australia, kamera lalu lintas mampu menangkap pengemudi yang suka main HP saat berkendara.

Sekadar informasi, untuk menangkap pengemudi punya kebiasaan bermain smartphone, entah mengirim pesan teks atau menelepon sambil mengemudi, polisi mengalami sedikit kesulitan. Polisi pun cenderung melakukan pengawasan secara manual.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Senin (2/12/2019), pemerintah Australia telah meluncurkan kamera kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pertama di dunia yang dapat menangkap pengemudi yang suka bermain smartphone.

{Baca juga: Waduh! Kurir FedEx “Lempar” Lensa Kamera Seharga Rp 21 Juta}

Teknologi tersebut akan kali pertama diperkenalkan di negara bagian New South Wales. Australia berharap, dengan kemampuan menemukan pengemudi yang suka main HP saat mengemudi, kamera AI akan mencegah kasus kecelakaan.

Menurut Menteri Jalan Australia, Andrew Constance, beberapa orang belum mendapatkan pesan tentang cara menggunakan smartphone secara legal dan aman. Mereka masih berpikir bisa menjamin keselamatan diri sendiri di jalan.

{Baca juga: Demonstran di Chili Pakai Laser Jatuhkan Drone Polisi}

“Padahal, mereka bisa saja membawa penumpang. Mereka juga berhadapan dengan pengguna jalan lain, termasuk pejalan kaki. Kebiasaan bermain smartphone sambil mengemudi jelas membawa celaka bagi masyarakat umum,” tegasnya.

Nantinya, pengemudi yang ketahuan bermain smartphone saat mengemudi selama tiga bulan pertama sistem diterapkan akan menerima surat peringatan. Setelah itu, pengemudi yang terpergok bakal terkena denda 344 dolar Australia atau setara Rp 3,2 jutaan. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Harga Apple AirPods Pro “Lite” Cuma Rp 2 Jutaan?

Telset.id, Jakarta - Apple dilaporkan tengah mempersiapkan model "lite" dari AirPods Pro. Kabarnya, earphone TWS Apple tersebut bakal dijual dengan harga...

Robot Koki Ini Memasak untuk Pasien Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Teknologi robot digunakan demi menjaga logisitik pasien Virus Corona. Informasi terbaru menyebut jika ada 2 robot...

Pabrik Samsung Galaxy Z Flip Tutup Akibat Terinfeksi Corona

Telset.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pabrik Samsung yang berada di Gumi, Korea Selatan ditutup sementara akibat...

Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta - Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar...

Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta - Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang...
- Advertisement -