Jumlah Bitcoin yang Bisa Ditambang Tinggal 20 Persen

Transaksi ilegal Bitcoin

Telset.id, Jakarta – Jika Anda tertarik dalam ‘bisnis’ menambang Bitcoin, nampaknya Anda harus berfikir ratusan kali. Hal ini dikarenakan jumlah Bitcoin yang bisa ditambang pada saat ini hanya tinggal 20 persen saja.

Ya, jika Anda belum mengetahuinya, salah satu Cryptocurrency (mata uang digital) ini memiliki jumlah limit yang bisa ditambang. Menurut informasi, hanya ada 21 juta Bitcoin yang bisa ditambang.

[Baca juga: Nilai Tukar Bitcoin Sempat ‘Terjun Bebas’]

Mengutip dari laman Guardian, total Bitcoin yang telah masuk ke peredaran diperkirakan sudah mencapai 16,8 juta Bitcoin, dan kini hanya tinggal tersisa 4,2 juta Bitcoin yang dapat ditambang. Data ini dirilis pada 13 Januari lalu oleh Bitcoin News.

Dengan semakin terbatasnya jumlah Bitcoin yang bisa ditambang, ini berarti persaingan untuk menambang juga akan semakin sulit. Penambang saat ini menerima 12,5 Bitcoin untuk setiap blok yang mereka tambang, namun diperkirakan akan turun menjadi 6,25 Bitcoin sekitar dua tahun. Dan, harga Bitcoin juga diprediksi akan terus merangkak naik.

Yang lebih mengejutkan lagi, sekitar 3 juta Bitcoin diyakini telah hilang selamanya. Dan, jumlah ini juga diprediksi akan terus meningkat, seiring tingginya antusias masyarakat dunia untuk mendapatkan mata uang digital ini.

Perlu diingat, Bitcoin tidak memiliki ‘Bank Induk’ dan beberapa negara telah menyatakan bahwa penggunaan Bitcoin di negara mereka ilegal, termasuk Indonesia. Jadi, masih banyak para pengguna tidak bisa melakukan transaksi secara legal dan bebas.

[Baca juga: Nilai Tukar Bitcoin Sempat ‘Terjun Bebas’]

Meski minat masyarakat dunia terus meningkat pada saat ini, pasti di satu saat Bitcoin mungkin akan mengalami ‘crash’, yang membuat nilai tukar menjadi lemah. Tapi, itulah resiko yang harus dibayar para penambang atau pemilik mata uang tersebut.

Sekedar informasi, agar para penambang Bitcoin bisa mendapatkan mata uang ini, mereka harus memecahkan masalah matematika yang kompleks. Oleh karena itu, seorang penambang memerlukan banyak kekuatan pemrosesan — yang biasanya menggunakan VGA — yang kemudian akan mendapatkan sebagian kecil Bitcoin sebagai hadiah. [NC/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here