iPhone Buatan India Terjual Rp15, 2 Triliun ke Penjuru Dunia

Telset.id, Jakarta – iPhone buatan India terjual ke seluruh dunia dengan nominal lebih dari USD 1 miliar atau lebih kurang Rp15,2 triliun sejak April 2022.

Nominal distribusi iPhone buatan India menandakan negara Asia Selatan telah membuat kemajuan dalam upaya menjadi kekuatan manufaktur elektronik.

Ekspor iPhone “Made in India”, terutama ke Eropa dan Timur Tengah, diperkirakan akan mencapai USD 2,5 miliar dalam 12 bulan atau hingga Maret 2023.

Sumber dalam menyebut, jumlah itu hampir dua kali lipat dari iPhone yang diekspor India pada tahun ini senilai senilai USD 1,3 miliar hingga Maret 2022.

BACA JUGA:

Peningkatan ekspor iPhone menjadi pertanda baik bagi rencana Perdana Menteri Narendra Modi untuk menjadikan India sebagai alternatif untuk China. India berjuang menjadi lokasi manufaktur menjanjikan untuk produk elektronik dunia.

Untuk diketahui, Apple sejak lama memilih China sebagai lokasi perakitan iPhone. Perusahaan asal Cupertino itu kini sedang mencari alternatif mengingat pemerintahan Xi Jinping berbenturan dengan AS dan memberlakukan penguncian di seluruh wilayah negeri.

“Pertumbuhan dalam skala manufaktur dan ekspor Apple menunjukkan India bertahap mengambil posisi penting,” kata Navkendar Singh, analis di IDC.

Melansir Gadgets360, Rabu (5/10/2022), Apple punya gagasan untuk memproduksi banyak iPhone di India sebelum dorongan insentif dari Modi.

Produsen kontrak utama Apple di Taiwan, Foxconn, Wistron, dan Pegatron, kini membuat iPhone di pabrik di India selatan. Mereka memenangkan insentif.

Namun demikian, India masih jauh di belakang China. Sekitar tiga juta model iPhone dibuat di India pada tahun lalu, sedangkan China memproduksi 230 juta.

BACA JUGA:

Perangkat yang diekspor dari India dari April hingga Agustus tahun ini terdiri atas iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13. Ekspor iPhone 14 sendiri baru akan dimulai.

Apple membuat iPhone 14 di India pada bulan lalu, lebih cepat dari perkiraan. Di luar iPhone, India merayu Apple untuk manufaktur MacBook dan iPad. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0