iPhone 6s & 6s Plus Hilangkan Model 16GB

iPhone 6s ilustrasiJAKARTA – Sebuah kabar datang dari sumber Foxconn yang menyebutkan bahwa Apple tidak lagi akan menyediakan varian 16GB pada iPhone 6s dan mungkin untuk seri iPhone lainnya di masa mendatang. Apple hanya akan menyediakan kapasitas memori internal mulai dari 32 GB untuk model termurah iPhone.

Bocoran informasi ini berasal dari sumber di Foxconn yang mengatakan tidak melihat lagi stiker yang menuliskan “kapasitas 16GB” di kemasan untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Stiker yang tersedia untuk dipasang hanya 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Rumor tentang rencana Apple menghilangkan model 16GB sebelumnya memang telah santer diberitakan sejumlah media. Kabarnya nanti yang menggunakan model 16GB hanyalah iPhone 6c, sementara iPhone 6s dan iPhone 6s Plus akan dimulai pada kapasitas 32GB hingga 128GB.

Seperti diketahui, tahun lalu Apple merilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dengan varian 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Meski Apple mengklaim telah berupaya untuk membuat iOS tetap efisien, namun nyatanya kapasitas 16GB dianggap sangat minim.

Bagaimana tidak, hampir 20% dari total memori internal 16GB termakan untuk sistem operasi tersebut, sehingga memori yang tersisa diperangkat mereka hanya sebesar 13GB. Sisa memori itu dirasa sangat kurang oleh pengguna iPhone 6 yang memerlukan lebih banyak space untuk penyimpanan data aplikasi, video, hingga file musik. Hal inilah yang kemudian muncul pendapat bahwa iPhone kapasitas 16 GB tidak ada gunanya lagi.

Para pesaing Apple sendiri sudah cukup lama memperhatikan masalah ini. Samsung misalnya, menyediakan slot microSD sebagai solusi menambah kapasitas memori untuk smartphone seri Galaxy S versi 16GB. Bahkan meskipun Samsung menghilang slot microSD dari Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, namun Samsung meningkatkan kapasitas penyimpanan data menjadi 32 GB.

Raksasa eletronik asal Korea Selatan ini menganggap bahwa base model dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar akan menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi para pelanggannya. Metode ini sepertinya kini yang akan ditiru oleh Apple untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus mereka.

Menurut kabar terbaru, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus akan memulai debutnya di Tiongkok pada 18 September mendatang. Kedua iPhone baru ini kabarnya akan dibekali fitur Force Touch pada layarnya, prosesor yang lebih powerful Apple A9 dan chip MDM9635M Qualcomm yang memiliki dukungan konektivitas LTE Cat. 6.

Spesifikasi lainnnya RAM 2GB, kamera utama 12 megapiksel dengan format bisa merekam video 4K, NFC, dan kemungkinan akan tersedia dalam model dengan kapasitas memori internel 32GB, 64GB atau 128GB. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI