Malam Takbiran, Internet Telkomsel Melonjak 130%

Rudiantara pantau jaringan TelkomselJAKARTA – Menjamurnya perangkat smartphone telah mengubah cara orang mengirimkan ucapan selamat hari raya Lebaran. Hal itu bisa tergambar pada melonjaknya trafik layanan data milik Telkomsel yang mencapai 130% di malam takbiran 2015.

Pemantauan trafik komunikasi pada jaringan Telkomsel di hari Kamis (16/7/2015) hingga malam takbiran, tercatat kenaikan penggunaan layanan data. Jika dibandingkan dengan tahun 2014, penggunaan layanan data di malam takbiran 2015 melonjak hingga lebih dari 130%.

Kenaikan data yang sangat signifikan terjadi di Area Jawa Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara), dimana terjadi peningkatan penggunaan data hingga lebih dari 156%, menjadi sekitar 452 ribu Giga Byte.

Demikian juga di area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) terjadi kenaikan hingga 138%, menjadi sekitar 312 ribu Giga Byte dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati menjelaskan, bahwa trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 130% menjadi sekitar 1,55 juta Giga Byte, meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan dibandingkan dengan hari normal, terjadi kenaikan sebesar 17%.

Kenaikan juga terjadi pada layanan suara, dimana pada malam takbiran naik sebesar 18% menjadi sekitar 1,3 miliar menit, dibandingkan periode yang sama di tahun 2014. Sementara jika dibandingkan hari normal, trafik voice turun sebesar 9%.

Sementara untuk layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penuruan sekitar 6% menjadi 952 juta SMS, jika dibandingkan di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik SMS turun sebesar 3%.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98%. Itu artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Adita mengungkapkan, bahwa dari hasil pemantauan di tahun ini terhadap trafik di malam takbiran menunjukkan bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai salah satu pilihan utama untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di momen lebaran.

“Kami bersyukur pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman menggunakan layanan kami, dan tanpa kendala yang berarti dalam menyambut hari yang suci ini,” ujar Adita, dalam keterangannya yang diterima telsetNews, Jumat (17/6/2015). [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI