telset

5 Tren Belanja Tokopedia 2021, Masker dan Sneakers Banyak Diburu

Telset.id, Jakarta – Tokopedia mengungkapkan tren belanja pengguna sepanjang tahun 2021 kemarin. Hasilnya masker dan sepatu sneakers merupakan produk yang banyak diburu oleh pengguna.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2021 kemarin, membuat masyarakat beralih dari berbelanja secara offline di pusat perbelanjaan menjadi online melalui aplikasi e-commerce.

Tokopedia, sebagai salah satu e-commerce pilihan masyarakat merilis tren belanja pengguna di tahun lalu. Bagaimana trennya?

5 Tren Belanja Pengguna Tokopedia Tahun 2021

Tren Belanja Pengguna Tokopedia 2021

Aplikasi milik GoTo ini melihat ada 5 tren belanja online yang terjadi mulai dari kota dengan penjualan tertinggi hingga produk yang banyak diburu. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Kamis (6/1/2022), berikut ini informasi selengkapnya.

1. Kota dengan Penjualan Tertinggi 

Terdapat beberapa kota yang tercatat memiliki penjualan tertinggi. Menurut VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak kota Medan, Bandung dan Surabaya memiliki penjualan paling tinggi.

Baca juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Jelang Nataru

“Medan, Bandung dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini didorong oleh kehadiran inisiatif hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya,” ungkapnya.

2. Kategori Favorit Pengguna Tokopedia 

Aplikasi Tokopedia membagi produk yang dijual, dalam beberapa kategori. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mencari produk sesuai kebutuhan. Dari berbagai kategori produk, ternyata ada 3 kategori disukai pengguna.

Ketiganya adalah adalah Kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi. Ketiganya menjadi kategori favorit dan paling laris di Tokopedia.

3. Produk Paling Diburu 

Sepanjang tahun 2021, ternyata ada 3 produk yang banyak diburu pengguna. Nuraini menjelaskan kalau ketiga barang yang dimaksud adalah masker, kaos dan sepatu sneakers.

Khusus untuk sneakers, melejitnya penjualan produk tersebut didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng.

Baca juga: Mitra Tokopedia Kini Bisa Manfaatkan QRIS di Warungnya

“Masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer
selama 2021 di Tokopedia,” ujar Nuraini.

4. Makanan dan Minuman Paling Laris 

Hasil yang cukup mengejutkan terjadi untuk tren makanan dan minuman paling laris. Ternyata makanan yang paling laris adalah pisang goreng, dan untuk minumannya adalah kopi gayo.

Diduga meningkatkan penjualan kedua produk ini terjadi karena banyak orang yang suka menikmati kopi, dan menyantap kudapan pisang goreng selama beraktivitas di rumah.

Baca juga: Tokopedia Dinobatkan Sebagai E-commerce Terbaik 2021

“Ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat
selama 2021. Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu,” tambah Nuraini.

5. Animo Donasi Tinggi 

Selain berbelanja, Tokopedia melaporkan kalau animo masyarakat untuk berdonasi juga tinggi. Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0