INTERNET

YouTube Hapus 56 Juta Video Selama Kuartal III 2022

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – YouTube menghapus 5,6 juta video dari platform selama Juli hingga September 2022. Video-video itu dianggap melanggar pedoman komunitas.

YouTube menerima sekitar 271.000 banding penghapusan video selama dua bulan. Setelah ditinjau, platform akhirnya memulihkan sekitar 29.000 banding.

Dari Juli hingga September 2022, untuk setiap 10.000 penayangan, antara 10 dan 11 adalah konten yang diketahui melanggar pedoman komunitas YouTube.

YouTube juga melacak jumlah banding yang diajukan oleh kreator sebagai tanggapan atas konten-konten yang dihapus lantaran membantu akurasi sistem.

BACA JUGA:

Karena platform berbagi video global bekerja untuk menjaga kebijakan berkembang dengan lanskap saat ini, fokus panduan mengarah ke satu tujuan utama.

Seperti Telset kutip dari Gadgets360 pada Sabtu (2/12/2022), YouTube berupaya keras untuk mencegah potensi kerusakan di dunia nyata yang cukup mengerikan.

Namun, YouTube tidak akan menghapus semua konten menyinggung karena debat dan kebebasan berekspresi akan mengarah kepada hasil sosial yang lebih baik.

“Kami berhati-hati untuk menarik garis di sekitar konten yang dapat mengakibatkan kerugian besar bagi pengguna atau platform,” kata YouTube lebih lanjut.

Youtube juga bekerja sama dengan LSM, akademisi, dan pakar terkait dari semua pihak dan berbagai negara untuk menginformasikan tinjauan kebijakan itu.

“Kami menonton lusinan, bahkan ratusan video, untuk memahami implikasi dari menggambar garis kebijakan berbeda,” tambah YouTube melalui laman blog.

Menurut YouTube, menggambar garis kebijakan tidak pernah soal satu video, melainkan memikirkan dampak secara keseluruhan konten yang akan dihapus.

BACA JUGA:

YouTube mempertimbangkan konten yang dapat bertahan di bawah pedoman baru. Usai tinjauan komprehensif, tim berbagi aneka opsi untuk garis kebijakan.

YouTube memastikan untuk merinci contoh video yang akan dihapus atau disetujui untuk masing-masing serta tindakan penegakan dengan cara berbeda. [SN/IF]

Leave a Comment