YouTube Jadi Aplikasi Terpopuler Anak-anak Indonesia

Telset.id, Jakarta – Kaspersky merilis data mengenai aktivitas digital anak-anak di Indonesia dan dunia. Hasil menunjukkan kalau ternyata YouTube menjadi aplikasi Android terpopuler baik oleh anak-anak di Indonesia dan dunia.

Kaspersky melalui aplikasi Kaspersky Safe Kids telah menjelajahi minat anak-anak terhadap aplikasi Android tertentu antara periode Januari-Maret 2022, atau kuartal pertama 2022.

Semua data diambil secara anonim sehingga menjamin keamanan data pribadi anak-anak yang diteliti. Adapun Kaspersky Safe Kids adalah aplikasi yang mampu memeriksa aktivitas online anak-anak.

Aplikasi kontrol orang tua ini juga mampu memberi orang tua kesempatan untuk mengenal minat dan hobi anak-anak, serta membantu membangun hubungan yang lebih dekat antara anak dan orang tua.

Baca juga: YouTube Tingkatkan Kemampuan Fitur Penangkal Spam

Dari survei tersebut, Youtube menempati posisi pertama sebagai aplikasi Android terpopuler di kalangan anak-anak Indonesia pada kuartal pertama tahun ini dengan persentase pangsa pasar 28,23%.

Aplikasi kedua adalah WhatsApp dengan persentase 23,68% dan TikTok 15,97%. Sedangkan untuk kategori game, Roblox dan Mobile Legends: Bang Bang menjadi game yang paling digemari dengan persentase pangsa pasar 8,27% dan 4,23%.

“Sebagai salah satu warga digital paling aktif di dunia, tidak heran jika kalangan anak-anak Indonesia antusias menjelajahi dunia digital itu sendiri,” kata Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky, Sandra Lee.

“Mayoritas dari anak-anak ini mengandalkan Internet tidak hanya untuk belajar tetapi juga untuk bermain dan hiburan,” sambungnya.

YouTube Aplikasi Android Terpopuler Buat Anak 

YouTube Aplikasi Terpopuler Anak

Hasil di Indonesia tidak jauh berbeda dengan hasil survei global. Secara umum YouTube berada di posisi puncak aplikasi Android terpopuler bagi anak-anak dengan persentase pangsa pasar 31,6%.

YouTube mampu mengalahkan aplikasi TikTok dan WhatsApp dengan persentase 19% dan 18%.

Khusus untuk YouTube ternyata ada beberapa channel YouTube yang banyak ditonton oleh anak-anak dari seluruh dunia. Kanal YouTube yang dimaksud adalah 5-Minute Craft yang isinya tutorial memperbaiki sesuatu dan membuat kerajinan tangan.

Lalu ada kanal YouTube, Kurzgesagt In a Nutshell yang menjelaskan sains dan dunia dengan grafik yang menyenangkan dan menarik.

Bukan cuma seputar edukasi saja, anak-anak juga suka dengan kanal MrBeast yang kerap memposting konten-konten bermain game yang menarik.

Baca juga: Catat! 10 Cara untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Masih seputar YouTube, ternyata popularitas aplikasi ini tidak sejalan dengan YouTube Kids. Platform yang dibuat khusus untuk anak-anak malah kurang digemari karena persentase pangsa pasarnya cuma 2,1% saja.

Sandra Lee berharap semoga hasil survei ini bisa menjadi menjadi acuan bagi orang tua untuk tetap menjaga anak-anak mereka, ketika mengakses internet.

“Kami mendorong orang tua aktif mendapatkan informasi dan berkomitmen untuk duduk bersama anak-anak mereka secara ekstensif. Sebab, ini adalah cara yang efektif untuk membuat anak-anak mereka bertanggung jawab dan menjadi warga digital yang aman,” tutup Sandra. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0