YouTube Tingkatkan Kemampuan Fitur Penangkal Spam

Telset.id, Jakarta – Komentar spam di video memang merugikan penonton atau kreator. Untuk itu, YouTube sedang melakukan uji coba untuk tingkatkan fitur penangkal spam YouTube supaya bisa mengkurasi komentar lebih ketat.

Komentar spam adalah komentar yang menyesatkan dan bertujuan untuk menipu penonton, bahkan mengumpulkan informasi pribadi dari penonton.

Di YouTube komentar seperti ini kerap kali muncul dan membuat penonton, malah fokus ke kolom komentar bukan ke video.

YouTube sebenarnya tidak tinggal diam dalam memerangi spam. Sejak lama YouTube menyediakan alat penghapus komentar spam.

Baca juga: Ada Fitur Transkrip di YouTube, Begini Cara Menggunakannya

Seperti dilansir Telset dari Android Police pada Selasa (12/4/2022), alat ini menggunakan kombinasi pembelajaran mesin dan penilaian manusia untuk menghapus hampir 1 miliar komentar.

Sayangnya fitur penangkal Spam Youtube tersebut dinilai belum maksimal. Menurut kreator Marques Brownlee di video terbaru yang diunggah pada 1 April 2022, komentar spam YouTube telah di luar kendali selama berbulan-bulan.

“Frekuensinya telah meningkat di luar kemampuan siapa pun untuk menanganinya secara efektif,” jelas Marquess.

Seolah sadar akan kritikan tersebut, YouTube kemudian meningkatkan fitur Hold potentially inappropriate comments for review yang ada di menu Comments and Ratings.

Menurut tangkapan layar dari Marques Brownlee di akun Twitter @MKBHD, YouTube memberikan opsi Increase strictness atau tingkatkan ketetatan di fitur tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Download Video Youtube

Nantinya fitur penangkal Spam Youtube tersebut bisa memoderasi komentar tidak pantas seperti spam dengan lebih ketat.

“Alat moderasi konten Increase strictness ini adalah eksperimen baru dari YouTube yang telah berjalan cukup lama. Semoga bisa mengurangi komentar spam yang sering kita lihat akhir-akhir ini,” cuit Marques. 

YouTube Komentar Spam

Uji coba peningkatan fitur mencegah komentar spam dibenarkan oleh juru bicara YouTube, Ivy Choi. Dirinya mengatakan kalau komentar spam terus mengalami berbagai perubahan.

Hal ini membaut YouTube melakukan penyesuaian, salah satunya dengan menguji coba fitur tersebut.

Baca juga: YouTube Blokir Semua Media Milik Rusia, Berlaku di Seluruh Dunia

“Platform akan terus menyesuaikan metode untuk membantu menjaga bagian komentar relatif bersih,” ungkap Choi.

Belum diketahui kapan peningkatan fitur ini akan diluncurkan. Semoga saja YouTube bisa segera merilisnya dalam waktu dekat. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0