telset

6 Tren Obrolan “Paling Berisik” di Twitter Indonesia

Telset.id, Jakarta – Apa yang sedang terjadi di sekitar kita sering kali akan kembali dibicarakan di Twitter secara real-time. Tapi tahukah Anda, tren percakapan apa yang paling ramai dibicarakan di Twitter oleh orang Indonesia?

Dengan menganalisa Tweet selama tiga tahun terakhir (Juli 2018 – Juni 2021), Twitter mendalami percakapan yang terjadi di Indonesia. Mulai dari apa saja yang dibicarakan hingga beragam tren percakapan di Twitter di Indonesia yang muncul akhir-akhir ini.

Temuan dari analisa tersebut terdapat di Laporan TwitterTrends Indonesia. Laporan ini mencatat enam tren yang mendominasi percakapan di Indonesia, yaitu Wellbeing, Creator Culture, Everyday Wonder, One Planet, Tech Life, dan My Identity.

Baca Juga: Twitter Resmi Hapus Fleets, Warganet: Jadi Sepi Banget

“Laporan TwitterTrends Indonesia memaparkan tren-tren yang membentuk suatu percakapan di komunitas. Laporan ini juga memberikan insight tentang apa yang orang pikirkan, yang penting bagi mereka, dan bagaimana brand dapat berpartisipasi dalam percakapan agar tetap relevan bagi audiens mereka di Twitter,” ujar Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia.

Berikut ini adalah enam tren percakapan Twitter di Indonesia berdasarkan analisa percakapan tiga tahun terakhir:

Well-being

Orang Indonesia mendefnisikan kembali arti kesejahteraan bagi mereka, mulai dari menjaga kesehatan mental hingga memprioritaskan perawatan diri. Pertumbuhan percakapan seputar well-being mencapai (+17%) di Twitter.

Topik ini terus berkembang, dan tidak terbatas pada kesehatan atau menjaga kesehatan saja. Sub-pilar teratas yang muncul dari percakapan well-being adalah Embracing Self-Care (+23%) dan Mental Health Matters (+17%).

Seiring dengan meningkatnya percakapan; orang Indonesia mencari dukungan, kepastian, saran dari anggota komunitas, serta saling menemukan kekuatan dengan berbagi pengalaman.

Creator Culture

tren twitter indonesia

Dengan lebih banyak waktu dihabiskan di rumah, melalui Twitter orang-orang mengejar apa yang menjadi minat mereka, mengasah keterampilan, saling menginspirasi, serta membentuk komunitas sesuai bakat dan ketertarikan.

Baca Juga: Twitter Uji Coba Tombol Dislike untuk Pengguna iOS

Terdapat pertumbuhan percakapan sebesar 33% seputar kreator konten. Aspiring Makers (+34%), Conscious Creator (+29%), dan Creativity at Home (+50%) adalah sub-pilar dari tren Creator Culture.

Setiap harinya, orang memiliki kebutuhan untuk menyalurkan kreativitas – dan mereka beralih ke Twitter untuk mengekspresikan diri.

Everyday Wonder

Orang Indonesia selalu tertarik pada fenomena di keseharian mereka (everyday wonder), mulai dari dunia supranatural, astrologi, sampai cerita rakyat.

Mereka membicarakan topik-topik ini di Twitter dan saling berbagi hiburan dengan komunitas mereka. Percakapan ini meningkat sebesar 19%. Imaginative Escapism (+30%), Acting on Astrology (+33%), serta Wisdom of Myth and Folklore (+20%) menjadi sub pilar teratas dalam tren ini.

One Planet

Masyarakat Indonesia semakin sadar akan dampak dari perilaku keseharian mereka terhadap lingkungan. Saat orang Indonesia memiliki pengetahuan dan semangat yang lebih tinggi, mereka menyuarakan kekhawatiran mereka melalui percakapan untuk menciptakan perubahan.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Menjaga Akun Twitter Jadi Lebih Aman

Percakapan tentang One Planet meningkat 26% dengan Next to Nature (+39%) dan Environment Urgency (+19%) sebagai sub-pilar teratas dari tren ini.

Tech Life

tren twitter indonesia

Tech Life menjadi tren dengan pertumbuhan percakapan tertinggi di Twitter di Indonesia (89%). Salah satu faktor yang mendorong hal ini adalah integrasi teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan e-commerce yang semakin mendominasi Indonesia beberapa tahun terakhir ini, percakapan seputar e-commerce meningkat 254%.

Adopsi teknologi yang tinggi di tahun 2020 juga membuka jalan bagi banyak pemain e-commerce untuk melakukan berbagai inovasi. Percakapan seputar akses ke pengetahuan dan kesempatan belajar juga meningkat (+38%).

Hal ini didukung oleh teknologi yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi, belajar hal baru, dan berbagi ide.

My Identity

Orang Indonesia datang ke Twitter karena nilai-nilai dan tujuan yang sejalan dan ingin lebih mengerti diri sendiri, sekaligus saling menyemangati satu sama lain.

Percakapan seputar identitas diri muncul didorong oleh semakin banyaknya percakapan seputar kesetaraan, keadilan, dan apa yang menjadi keyakinan mereka.

Baca Juga: Twitter Uji Coba Fitur Login Menggunakan Akun Google

Di saat yang sama, orang Indonesia menemukan keberanian dan inspirasi untuk menjadi diri mereka sendiri dan melakukan apa yang penting bagi mereka.

Dengan peningkatan percakapan sebesar 10%, percakapan seputar sub-pilar dari My Identity banyak terkait dengan Fan Power (+12%) dan Ethics in Action (+2%). (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0