START Elevate Digelar, Tokopedia Kasih Tips Sukses Desainer Produk

Telset.id – Tokopedia meluncurkan konferensi teknologi START Elevate, yang akan secara khusus membahas praktik terbaik dalam dunia desain produk. 

Mengangkat tema ‘Humanizing Design at Scale’, konferensi ini menghadirkan puluhan pakar desain produk, termasuk Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto, dan AVP of Product Design Tokopedia, Momo Halim.

Melalui START Elevate, keduanya membocorkan tips sukses berkarir sebagai desainer produk. Nah, berikut ini beberapa tips yang dimaksud:

1. Utamakan sudut pandang konsumen

Pola pikir customer driven akan membantu desainer produk menghasilkan inovasi sesuai kebutuhan pengguna. Ini penting, mengingat masyarakat Indonesia juga dikenal sangat beragam. 

BACA JUGA:

“Dengan keberagaman latar belakang masyarakat Indonesia, seperti suku, kondisi sosial maupun ekonomi, mempertimbangkan preferensi konsumen sangat penting saat mendesain sebuah produk,” jelas Jesslyn.

2. Berempati dimulai dari mendengarkan

Dengan perubahan yang terus terjadi di ranah desain produk dan teknologi, maka keterbukaan terhadap pandangan/kebutuhan baru dari tim maupun pengguna menjadi hal yang penting. Begitu juga dengan rasa empati terhadap dampak dari hal baru tersebut.

“Kita bisa membiasakan diri untuk berempati dengan dimulai dari mau mendengarkan,” kata Momo.

3. Keterampilan User Interface/Experience (UI/UX)

UI/UX adalah komponen desain produk yang menentukan journey dan tampilan visual (warna atau kreativitas, dan sebagainya) dalam sebuah produk digital, misalnya aplikasi, serta memastikan langkah-langkah penggunaan produk tersebut ramah dan nyaman bagi pengguna.

Seiring dengan semakin matangnya sistem desain, desainer produk akan semakin banyak berkolaborasi dengan tim UI/UX untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang optimal.

Tokopedia START Elevate

4. Bangun pengalaman mengolah data

Mencari dan mengolah data, serta menganalisisnya secara sistematis dan terstruktur adalah kunci. Seorang desainer produk banyak bersinggungan dengan data, misal conversion rate, click-through rate (CTR), metrik finansial, dan lainnya. Hasil analisis atau insights dari data akan berguna dalam proses penyempurnaan produk.

5. Kedepankan sinergi dan kolaborasi

Seorang desainer produk bekerja sama dengan banyak tim. Contohnya, guna meningkatkan kualitas fitur layanan, seorang desainer produk perlu berkolaborasi dengan tim riset dan tim engineer agar fitur tersebut menjawab kebutuhan pengguna secara akurat. Untuk itu, kemampuan untuk bersinergi dan berkolaborasi menjadi yang penting untuk dimiliki.

BACA JUGA:

Konferensi daring START Elevate akan diselenggarakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022, mulai pukul 09.00-16.30 WIB. Untuk dapat menyaksikannya secara gratis melalui situs atau Youtube Tokopedia Academy dan kanal video streaming Tokopedia Play,  Anda bisa terlebih dahulu melakukan registrasi melalui  tautan ini. [IF/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI