Dear Netizen, Ini 5 Tips Cerdas Berinternet ala Google

Telset.id – Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun terkadang prilaku Anda sebagai pengguna internet atau warganet seringkali kelewat batas. Untuk itu Anda perlu mengikuti tips cerdas berinternet dari Google dan Yayasan Sejiwa.

Pada hari selasa ini (09/02/2021) Google bersama Yayasan Sejiwa menghadirkan program Keluarga Tangkas Berinternet. Program tersebut hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat mengakses internet dengan lebih bijaksana.

Dalam acara peluncuran tersebut dijelaskan pula mengenai tips cerdas berinternet. Tips tersebut bisa diterapkan oleh warganet agar bisa mengakses internet dengan aman dan nyaman.

{Baca juga: Markas Google jadi Lokasi Klinik Vaksin Covid-19}

Cerdas berinternet sendiri maksudnya adalah kemampuan seseorang dalam memilih hal apa saja yang boleh dibagikan di internet dan kepada siapa hal tersebut boleh dibagikan.

5 Tips Cerdas Berinternet ala Google

Tips Cerdas Berinternet Google
Koordinator Program Yayasan Sejiwa, Andika Zakiy memberikan tips cerdas berinternet (Screenshot: Telset.id)

Selain bermanfaat, Internet juga memiliki sisi gelap. Jika tidak disikapi secara bijak, dunia maya dan media sosial bisa menjadi sangat menakutkan. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai macam berita bohong atau hoaks yang bisa menjerumuskan Anda.

Jika tidak bijak dan hati-hati, kini Anda bisa dilaporkan dan harus berurusan dengan pihak kepolisian. Internet memang dunia bebas dan tanpa batas. Tapi kita harus cerdas untuk menggunakannya.

Google memberikan beberapa tips agar kita bisa lebih cerdas dalam menggunakan Internet. Berikut ini 5 tips cerdas berinternet yang diberikan oleh Koordinator Program Yayasan Sejiwa, Andika Zakiy. Simak tipsnya berikut ini!

1. Jadilah Pengguna Internet yang Positif 

Tips Cerdas Berinternet Google

Tips pertama adalah menjadi pengguna internet yang positif seperti di dunia nyata. Terkadang internet sering dijadikan “pelarian” sehingga ada warganet yang  berani melakukan tindakan negatif seperti melakukan ujaran kebencian atau cyberbullying.

Untuk itu Andika menyarankan agar Anda dapat bersikap positif di internet layaknya di dunia nyata. Tujuannya agar warganet lain dapat mengakses internet dengan aman dan nyaman.

{Baca juga: Google Sempat Down, Warganet Menjerit Tak Bisa Browsing}

“Jadilah pengguna yang pengguna positif seperti di dunia nyata. Ingatlah bahwa dunia online bagian dari dunia nyata,” ujar Andika.

2. Pikirkan Sebelum Memposting 

Tips Cerdas Berinternet

Tips kedua adalah untuk berpikir sebelum memposting sesuatu. Anda diminta jangan asal memposting konten di media sosial. Alasannya memposting konten tanpa berpikir terlebih dahulu dapat berdampak pada diri mereka sendiri dan orang lain.

Misalnya postingan konten ternyata menyinggung orang atau golongan lain sehingga bisa menimbulkan konflik sosial.

“Pikirkan sebelum memposting. Harus disesuaikan bagaimana postingan ini, bagaimana kita melihat baik atau buruk postingan tersebut,” ucapnya.

3. Lindungi Rahasiamu 

Tips Cerdas Berinternet

Tips ketiga adalah lindungi rahasia pribadi. Anda diminta untuk melindungi rahasia dan data pribadi mereka seperti data-data di media sosial. Tujuannya agar tidak diretas oleh hacker di internet.

“Lindungi rahasiamu agar orang lain orang lain tidak dapat mengambil konten milik kita dan kita harus menjaga rahasia tersebut,” sambung Andika.

4. Perhatikan Asumsi Warganet Lain 

Tips Cerdas Berinternet

Keempat adalah memperhatikan asumsi warganet lain. Jangan pernah berpikir bahwa pengguna internet lain memiliki asumsi yang sama. Bisa saja konten yang menurut Anda konten lucu justru dinilai sebagai konten yang menyinggung orang lain.

Solusinya sebelum memposting sesuatu di internet harus diperhatikan juga asumsi pengguna internet lain. Jangan sampai ada yang tersinggung dan kecewa dengan postingan tersebut.

“Jangan pernah berasumsi bahwa pengguna internet memiliki asumsi dan pikiran yang sama dengan Anda,” tegas Andika.

5. Menghormati Pilihan Privasi Orang Lain 

Tips Cerdas Berinternet

Terakhir adalah menghormati privasi orang lain. Jangan pernah membagikan data mengenai privasi orang lain karena menyebarkan privasi orang lain dapat menyinggung perasaan dan dapat di bawa ke jalur hukum.

Solusinya, Anda harus menghormati privasi orang lain untuk menjaga reputasi mereka di internet.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

“Terakhir Anda harus menghormati privasi orang lain walaupun kita tidak setuju dengan orang tersebut. Jangan sampai menyebarkan privasi orang lain dan kita semuanya harus sama-sama saling jaga,” tutup Andika.

Demikian informasi mengenai tips cerdas berinternet. Semoga informasi ini bermanfaat ketika berselancar di internet. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -