TikTok Bagikan Panduan Keamanan Keluarga, Biar Aman Internetan

Telset.id, Jakarta – Tepat di Hari Internet Aman Sedunia, TikTok memberikan buku panduan keamanan untuk para orang tua agar dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan keluarga mereka di internet.

Disampaikan Donny Eryastha selaku Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, kehadiran buku panduan keamanan berinternet ini supaya orang tua mampu berperan aktif dalam melindungi keluarga mereka berselancar di dunia maya.

“Toolkit ini berusaha mengajak agar orangtua bisa berperan aktif menjaga keamanan digital saat menggunakan internet,” kata Donny.

Melalui konferensi pers virtual pada Rabu (10/2/2021), Donny menjelaskan bahwa buku panduan ini hadir berkat kerja sama antara TikTok serta DQ Institute.

{Baca juga: Fitur TikTok Ini Mudahkan Hacker Curi Data Penting Pengguna}

Toolkit ini menghadirkan panduan lengkap mengenai 10 tips pengasuhan digital, pengenalan 10 alat keamanan TikTok, informasi mengenai batasan usia di TikTok, serta panduan komunitas TikTok.

“Toolkit Keamanan Keluarga berisi 10 tips pengasuhan digital yakni tips-tips praktis yang bisa diterapkan dan bermanfaat bagi kita semua,” ujar Donny.

“Ini komitmen kami dalam menciptakan lingkungan siber yang aman akan terus kami gaungkan demi kepentingan bersama tujuannya agar TikTok tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk seluruh penggunanya,” sambungnya.

Donny berharap semoga buku panduan keamanan dari TikTok yang baru diluncurkan ini dapat mendukung berbagai fitur keamanan yang sebelumnya sudah ada di dalam aplikasi.

Alasannya, buku panduan keamanan berinternet ini memberikan panduan lengkap mengenai alat keamanan keluarga yang dapat digunakan oleh orangtua, termasuk cara penggunaan Family Pairing di TikTok.

Fitur Family Pairing sendiri merupakan fitur yang memungkinkan akun orang tua dan akun anak terhubung sehingga dapat terkontrol dengan baik.

“Harapannya semoga Toolkit Keamanan Keluarga TikTok ini bisa menjadi sumber edukasi sekaligus panduan pengasuhan digital yang komprehensif bagi para orangtua di Indonesia untuk menyadari pentingnya keamanan, keselamatan, dan privasi anak remaja,” jelasnya.

Panduan Keamanan Keluarga TikTok Disambut Positif Kemendikbud

Hadirnya buku panduan keluarga TikTok disambut positif oleh Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud, Hendarman. Menurutnya, kehadiran buku panduan tersebut dapat mendekatkan hubungan orang tua dan anak di media sosial seperti TikTok.

“Toolkit Keamanan Keluarga TikTok mampu mengajarkan karakter sekaligus mampu mendekatkan orangtua dengan anak-anaknya,” ucap Hendarman.

Selain itu, panduan keamanan keluarga di internet ini juga mendukung upaya pemerintah untuk membangun penguatan karakter anak Indonesia agar tercipta generasi cerdas dan berkarakter di Tanah Air.

Toolkit Panduan TikTok Keamanan Keluarga
Tampilan Toolkit Keamanan Keluarga TikTok

“Kami akan terus memberikan dorongan dalam upaya membangun penguatan karakter anak. Bersama-sama kita akan mewujudkan generasi cerdas berkarakter Indonesia yang maju bermartabat,” tutup Hendarman.

{Baca juga:  Update TikTok Hadirkan Fitur AR untuk Pengguna iPhone 12 Pro}

Untuk mengunduh buku panduan keamanan keluarga dalam mengakses internet, Anda bisa mengunjungi situs resmi TikTok Indonesia. Anda dapat mengunduhnya dan mempelajarinya secara gratis agar dapat memberikan perlindungan yang maksimal kepada anak-anak saat berinternet. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -