ST Telemedia Resmikan Data Center yang Ramah Lingkungan

Telset.id, Bekasi – PT ST Telemedia Global Data Centres Indonesia atau PT STT GDC Indonesia, resmi meluncurkan layanan data center atau pusat data yang ramah lingkungan bernama STT Jakarta 1.

Pembangunan STT Jakarta 1 tidak terlepas dari ekonomi digital yang terus berkembang di Indonesia khususnya selama sejak pandemi Covid-19, sehingga kebutuhan akan layanan data center terus meningkat.

“Pusat data merupakan fondasi penting dari ekonomi digital yang tengah berkembang pesat. STT Jakarta 1 tidak hanya menyediakan infrastruktur digital yang penting, tetapi juga menawarkan solusi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan komputasi saat ini dan di masa depan,” ujar CEO Asia Tenggara STT GDC, Lionel Yeo. 

STT Jakarta 1 berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi Jawa Barat dengan luas 18 ribu meter persegi. Pusat data ini akan mampu menunjang kapasitas IT hingga 72 megawatt, dan dibangun atas kerja sama antara PT STT GDC, Triputra Group dan Temasek.

BACA JUGA:

Menurut Country Head Indonesia PT STT GDC Indonesia, Hendra Gozali pusat data ini mampu memenuhi kebutuhan bagi perusahaan dari berbagai sektor bisnis, mulai dari perusahaan cloud, perbankan, game, e-commerce hingga institusi pemerintah.

“STT Jakarta 1 memungkinkan bisnis untuk memaksimalkan potensi mereka dan memberikan kontribusi yang berarti bagi ekonomi digital Indonesia yang terus berkembang,” tutur Hendra Gozali.

Selain memberikan layanan data center yang maksimal, STT Jakarta 1 juga menerapkan prinsip netral karbon sehingga ramah lingkungan. ST Telemedia Global sudah bekerja sama dengan PLN untuk menerapkan konsep Green Energy di area pabrik.

Salah satu penerapan teknologi ramah lingkungan yang dilakukan dengan menggunakan air hujan untuk menyiram halaman di area pusat data, serta penerapan teknologi panel surya untuk mendukung operasional layanan.

BACA JUGA:

“Sesuai dengan standar keunggulan global dan komitmen netral karbon STT GDC, pusat data STT Jakarta 1 akan menerapkan prinsip netral karbon sejak awal operasinya,” sambung Hendra Gozali.

Peresmian STT Jakarta 1 dilakukan hari ini (21/06/2023), yang mana dalam acara tersebut diselenggarakan juga penandatanganan MoU antara PT ST Telemedia GDC Global Indonesia dengan beberapa perusahaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI