Situs KPU Jakarta Timur Diretas, Muncul Gambar Kartun

Telset.id, Jakarta – Kasus peretasan dialami oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Timur (Jaktim). Situs KPU Jaktim diretas sehingga tidak bisa diakses dan muncul tampilan kartun seorang pria memegang bendara Indonesia.

Berdasarkan informasi dari yang dikumpulkan, peretasan terjadi pada Rabu (18/8/2021), sekitar pukul 12.00 WIB. Tampilan situs dengan alamat https://jakartatimur.kpu.go.id/ berubah menjadi kartun pria yang memegang bendera Merah Putih.

Di bawah gambar terdapat identitas hacker yang bernama Clan_X7. Lalu di bawahnya lagi pesan dari hacker. Isinya tentang kritik pemerintah mengenai penanganan Covid-19 di Indonesia.

{Baca juga: Kominfo dan BSSN Pantau Kasus Alat Hack Windows Candiru}

“Tahun 2021 ini mungkin sama dengan tahun 2020 dimana banyaknya kesedihan yang melanda negeriku, Tahun yang dimana banyaknya orng meninggal dan langsung dikatai Corona, tahun yang dimana pemerintah yang sukses berbisnis dengan rakyatnya dengan isu corona,” tulis hacker Clan_X7.

“Memang saat ini kita dilanda oleh berbagai penyaki yang sangat berbahaya, kita juga dibatasi dengan sekat sekat pembatas agar kita sehat, tapi itu tidak boleh membuat kita takut, tetap mematuhi protokol dan perbanyak berdoa untuk kesehatan kita, keluarga kita, dan tanah air kita yang tercinta INDONESIA,” tambah hacker.

Situs KPU Jakarta Timur Diretas

Situs KPU Jakarta Timur Diretas 

Kasus peretasan situs dibenarkan oleh Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana. Kepada awak media pada Rabu (18/8/2021), peretasan terjadi sejak Selasa (17/8/2021), malam.

“Pertama kali diketahui itu semalam ketika saya mau naikin berita sekitar pukul 22.00 WIB. Saya mau naikin aktivitas internal KPU Jakarta Timur, kemudian staf saya bilang websitenya diretas,” kata Wage Wardana.

{Baca juga: Dibobol Hacker, 750 GB Data EA Dijual Bebas di Internet}

Dengan peretasan tersebut, KPU Jaktim mengaku tidak bisa mengakses situs. Namun, dirinya sedang berkoordinasi KPU Pusat untuk memulihkan situs mereka.

Situs KPU Jakarta Timur Diretas
Situs KPU Jakarta Timur diretas

“Kami sudah koordinasi untuk normalisasi tapi sejauh ini masih dalam proses perbaikan. Insyaallah sebentar lagi normal. Tapi sejauh ini belum 100 persen pulih,” tutur Wage.

Tim Telset mencoba untuk mengakses situs KPU Jakarta Timur pada pukul 14.00 WIB. Hasilnya muncul informasi bahwa situs tersebut kena suspend, sehingga tidak bisa diakses secara normal.

Baca juga: Kominfo Duga Ada Celah Keamanan di Sistem Elektronik BRI Life

Kami juga telah menghubungi Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengenai kasus sini. Sayangnya hingga berita ini ditulis, Dedy belum memberikan tanggapan. [NM/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0