Begini Cara Pantau Aktivitas Hacker dengan Mudah

pantau aktivitas hacker

Telset.id, Jakarta – Jika biasanya para hacker sukses membobol berbagai sistem yang mereka targetkan dengan berbagai cara untuk bisa melihat data yang mereka inginkan ataupun memantau aktivitas si korbannya dengan mudah, sekarang kita sebagai orang biasa pun bisa pantau aktivitas hacker ini dengan mudah lho.

Aktivitas di sini seperti malware apa saja yang mereka tanamkan, perangkat apa yang terkena dampaknya, negara mana yang mereka serang, dan lainnya. Ingin tahu seperti apa caranya untuk pantau aktivitas hacker ini? Check this out!

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah akses situs Cyberthreat Real-time Map. Situs besutan Kaspersky ini memungkinkan penggunanya untuk memantau aktivitas para hacker seperti negara yang mereka serang, metode yang mereka gunakan, dan lainya.
  • Di sini, kita bisa melihat bola dunia yang memperlihatkan pergerakkan malware atau serangan yang dilancarkan para hacker ke berbagai negara. Oh ya, jika Anda tak nyaman dengan tampilan bola dunia, Anda juga bisa mengubahnya menjadi peta biasa dengan menekan tombol Swith to Plane View di kanan atas layar.
  • Tepat di bagian bawah bola dunia tersebut, terdapat 8 aktivitas atau metode yang dilancarkan para hacker untuk menyerang korbannya beserta jumlah serangan hingga saat ini karena situs ini bersifat real-time.
  • Sekarang kita coba untuk melihat Indonesia. Terlihat, Indonesia saat ini berada di urutan ke-8 sebagai negara yang paling sering diserang oleh para hacker. Metode yang paling sering digunakan para hacker untuk menyerang Tanah Air adalah lewat On-Access Scan.
  • On-Access Scan sendiri merupakan persebaran malware lewat berbagai operasi yang dijalankan oleh penggunanya seperti proses copy-paste file misalnya.
  • Oh ya jika Anda ingin membagikan informasi yang didapat dari situs ini ke media sosial juga bisa kok. Klik saja lambang Facebook, Twitter atau Google+.

Memang cukup “creepy” jika kita melihat hal seperti ini, karena bisa jadi kita lah yang menjadi salah satu korban serangan yang dilancarkan pada hacker ini. So, mulai sekarang berhati-hati dan lebih bijak ketika menggunakan PC atau gadget Anda ya! (FHP/MS)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here