telset

Video YouTube Rewind Dihentikan Mulai Tahun Ini

Telset.id, Jakarta – Konten YouTube Rewind resmi dihentikan. Meski demikian, YouTube tetap mengizinkan para kreator konten di seluruh dunia untuk membuat YouTube Rewind versinya masing-masing.

Asal diketahui, YouTube Rewind adalah konten yang dibuat YouTube bersama artis dan kreator konten. Video ini dibuat sejak tahun 2011 yang memuat kompilasi tren atau peristiwa viral sepanjang tahun.

Sebagai video kompilasi, tidak heran jika Rewind selalu dinanti-nanti oleh pengguna YouTube. Mereka ingin tahu tren apa saja yang diulas di dalam video, serta siapa artis yang ikut bergabung di dalam video. 

Baca juga: Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Rp143 juta

Dilansir Telset dari Tubefilter pada Sabtu (9/10/2021), YouTube Rewind mulai dihentikan mulai tahun ini. Juru bicara YouTube tidak menjelaskan alasan kenapa konten tersebut dihentikan. 

“Sejak Rewind dimulai pada tahun 2011, kami telah melihat pembuat konten dari MrBeast, elrubiusOMG, dan Slayy Point, hingga lebih banyak lagi. Mereka membuat video akhir tahun mereka sendiri, secara unik menangkap tahun dari masing-masing perspektif mereka,” kata juru bicara YouTube.

Layanan streaming video besutan Google itu ingin memberikan kesempatan bagi para kreator untuk membuat Rewind versi mereka masing-masing di tahun ini. 

“Ini akan terus menginspirasi untuk melihat segudang cara pembuat konten YouTube kami  merangkum akhir tahun dalam rekap video mereka, saat kami menghentikan video Rewind-nya sendiri,” sambungnya. 

Sebagai pengganti dari Rewind, platform video ini rencananya akan membuat konten interaktif di akhir tahun 2021 secara global. Saat ini belum dijelaskan secara detail konten yang dimaksud. 

Kontroversi YouTube Rewind 

YouTube Rewind Dihentikan

Perjalanan konten Rewind tidak selamanya mulus. Untuk edisi 2018 dan 2019, konten ini mendapat kecaman dari penonton karena kontennya yang mengecewakan. Bahkan video tersebut mendapat dislike ketimbang jumlah like dari penonton. 

Di tahun 2020 lebih parah lagi. Platform tersebut sempat meniadakan konten Rewind edisi 2020. Alasannya karena tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Diduga ini berkaitan dengan pandemi Covid-19, yang melanda hampir seluruh negara di dunia.

“Tahun 2020 berbeda. Dan rasanya tidak benar untuk melanjutkan seolah-olah tidak demikian. Jadi, kami beristirahat dari Rewind tahun ini,” tulis YouTube.

Baca juga: Pengguna YouTube Bisa Kasih Uang ke Kreator

“Kami tahu bahwa banyak hal baik yang terjadi di tahun 2020 diciptakan oleh Anda semua. Anda telah menemukan cara untuk mengatasi kesulitan dan membuat tertawa. Anda membuat tahun yang sulit benar-benar lebih baik,” tambahnya.

Terlepas dari keputusan YouTube untuk tidak membuat konten Rewind, sepertinya para konten kreator yang menggantikan tugas YouTube. Jadi silakan Anda lihat di akhir tahun nanti kira-kira siapa saja yang akan membuat video Rewind 2021. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0