telset

Pengguna YouTube Bisa Kasih Uang Tip ke Kreator Lewat ‘Super Thanks’

Telset.id, Jakarta – YouTube meluncurkan fitur baru bernama Super Thanks. Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan uang tip kepada konten kreator favorit mereka. Fitur Super Thanks bisa menjadi sumber penghasilan baru bagi youtuber.

Dilansir Telset dari Tech Times pada Rabu (21/7/2021), fitur Super Thanks dapat dipakai sebagai ungkapan rasa terima kasih pengguna terhadap youtuber favorit, atas konten yang dibuatnya.

Caranya dengan memberikan tip uang kepada youtuber tersebut. Fitur Super Thanks terletak di bawah konten video, sehingga subscriber bisa memberikan tip ketika menonton video. Di Super Thanks, ada 4 opsi uang tip yang dibisa penggemar berikan.

{Baca juga: Keren! YouTuber Ini Sulap PS5 Jadi Lebih Kecil dan Retro}

Keempat opsi tersebut adalah USD 2 atau Rp 29 ribu, USD 5 atau Rp 72 ribu, USD 10 atau Rp 145 ribu dan USD 50 atau Rp 727 ribu.

Lalu saat penggemar atau subscriber memberikan uang tip, akan muncul animasi perayaan di kolom komentar beserta nama penggemar yang memberikan uang tip. Konten kreator juga bisa menanggapi uang tip tersebut di kolom komentar.

Super Thanks Mirip Super Stickers

Fitur Super Thanks sepintas mirip dengan fitur Super Stickers dan Super Chat. Kedua fitur tersebut juga memberikan kesempatan kepada subscriber memberikan tip kepada konten kreator, saat mereka melakukan live streaming.

YouTube Super Thanks
Ilustrasi YouTube

Tidak hanya itu, Super Thanks juga dinilai mirip dengan fitur Tip Jar yang ada di Twitter. Di Tip Jar, pengguna sama-sama bisa memberikan uang tip ke akun. Namun, terlepas dari kemiripan tersebut Super Thanks memberikan dampak positif bagi konten kreator.

Dengan fitur Super Thanks, konten kreator bisa menerima bayaran langsung dari penggemar, atas konten yang dibuat.

{Baca juga: YouTube Down, Warganet Mengeluh Tak Bisa Streaming Video}

Bahkan, YouTube mengklaim bahwa pendapatan konten kreator bisa meningkat, hingga 15% berkat uang tip di Super Thanks. Di awal peluncurannya Super Thanks tersedia di 68 negara, dan akan diperluas lagi secara bertahap.

Sebelumnya YouTube juga merilis fitur baru bernama YouTube Shorts. Di yang mirip TikTok tersebut pengguna bisa membuat video pendek dengan durasi 15 sampai 60 detik. Pengguna juga bisa menambahkan efek foto dan musik supaya video semakin menarik. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0