telset

Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Rp143 juta, Ini Syaratnya!

Telset.id, Jakarta – YouTube akan memberi hadiah senilai USD 10 ribu atau Rp143,5 juta per bulan kepada konten kreator. Syaratnya mereka harus membuat konten video yang unik dan viral di YouTube Shorts.

Dilansir Telset dari Variety pada Kamis (5/8/2021), program ini merupakan bagian dari rencana YouTube yang telah menyiapkan dana sebesar USD 100 juta atau Rp1,4 triliun. Tujuannya untuk membayar kreator YouTube Shorts dari tahun 2021 hingga 2022.

{Baca juga: YouTube Shorts untuk Lawan TikTok? Ini Tanggapan Google}

Demi mendapatkan uang dari YouTube, para konten kreator harus bersaing membuat konten YouTube Shorts yang unik agar menjadi viral. Nantinya YouTube akan memilih ribuan video yang populer untuk mendapatkan hadiah Rp143 juta per orang.

Hadiah uang akan diberikan setiap tanggal 25 setiap bulannya, dan program ini sudah berlaku mulai dari bulan ini.

Syarat Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTube Shorts
Ilustrasi YouTube Shorts

Dilansir Telset dari The Verge, terdapat beberapa syarat yang harus konten kreator penuhi agar dapat uang dari YouTube. Pertama kreator harus membuat konten Shorts yang unik agar bisa mendapatkan jumlah viewers yang banyak.

Kedua, konten yang diposting adalah konten original. Maksudnya video Shorts yang diunggah bukan dari unggahan atau postingan ulang dari platform lain seperti TikTok, Snapchat ataupun Reels.

{Baca juga: Rilis di Indonesia, YouTube Ajak Pengguna Bikin Konten di Shorts}

YouTube nantinya akan melakukan verifikasi dan jika ketahuan konten tersebut diunggah dari platform lain, maka YouTube berhak mendiskualifikasi. Konten kreator pun tidak bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Saat ini program membayar konten kreator Shorts baru hadir di Amerika Serikat, Inggris, Brasil, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Nigeria, Rusia dan Afrika Selatan. Dikutip dari Variety, YouTube Shorts akan memperluas jumlah negara secara bertahap.

“Kami berencana untuk segera memperluas kelayakan ke lebih banyak negara/wilayah,” kata YouTube.

Program ini pastinya akan sangat disukai oleh konten kreator. Mereka bisa mendapatkan pemasukan tambahan di luar iklan yang berguna untuk meningkatkan konten-konten mereka. [NM/IF]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0