Home NEWS INTERNET Sea Scholarship Indonesia Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Sea Scholarship Indonesia Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran

(FOto : Telset)

Telset.id, Jakarta – Perusahaan internet Sea menghadirkan program beasiswa kepada mahasiswa Indonesia melalui program Sea Scholarship Indonesia 2021. Program ini dibuka untuk mencetak talenta muda yang siap menghadapi industri digital.

Menurut Chairman of Sea in Indonesia, Pandu Patria Sjahrir revolusi industri keempat mendatangkan tantangan dan potensi disrupsi, sehingga dibutuhkan talenta yang siap menghadapi dunia kerja digital.

Guna mempersiapkan talenta tersebut, Sea Scholarship Indonesia hadir untuk mencetak talenta digital yang dapat diserap oleh industri.

{Baca juga: Zenius dan Telkomsel Berikan Beasiswa Pendidikan kepada 96 Siswa}

“Sea berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup konsumen dan dunia usaha lewat teknologi di Indonesia. Salah satu caranya dengan menghadirkan program beasiswa kepada talenta muda untuk meningkatkan keahlian mereka,” tutur Pandu.

Melalui konferensi pers virtual pada Selasa (26/01/2021) Pandu menjelaskan bahwa program ini telah hadir di Indonesia sejak  tahun 2018.

Hingga 2021  Sea Scholarship telah menerima lebih dari 2000 aplikasi dengan lebih dari 70 mahasiswa berhasil menerima beasiswa ini. Hal ini membuktikan bahwa beasiswa Sea dapat mendorong mahasiswa berpikir inovatif melalui teknologi.

“Sea memberikan kesempatan kepada talenta digital untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mereka sesuai minat masing-masing,” tutur Pandu.

Program beasiswa ini mendapat sambutan positif dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud Nizam. Menurut Nizam, Sea Scholarship Indonesia 2021 mampu mendukung ekonomi digital Indonesia yang saat ini terus bertumbuh.

“Talenta siap dunia digital dibutuhkan untuk mendukung potensi ekonomi digital Indonesia yang terus tumbuh. Mendukung pengembangan kemampuan dan keahlian merupakan upaya penting untuk ekonomi digital Indonesia,” jelas Nizam.

“Kami menghargai konsistensi dan kontribusi Sea bagi para talenta masa depan melalui Sea Scholarship Indonesia pada kemajuan pendidikan di Indonesia karena mendukung kolaborasi industri dan universitas,” sambungnya.

Keuntungan Beasiswa Sea Scholarship Indonesia 

Sea Scholarship Indonesia (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut, Pandu kembali menjelaskan bahwa beasiswa Sea tidak hanya memberikan dukungan finansial saja. Sea diberikan berbagai pelatihan, seminar, dan diskusi bersama tokoh-tokoh inspiratif.

Lalu penerima beasiswa Sea Scholarship Indonesia akan memiliki kesempatan magang dan bekerja di berbagai perusahaan teknologi kelas dunia di bawah naungan Sea, yaitu Garena, Shopee, dan  SeaMoney.

{Baca juga: Gojek Menggelar Program Beasiswa untuk Anak Mitra Driver}

Beasiswa akan diberikan pada mahasiswa di universitas partner yang berkomitmen menjaga konsistensi prestasi akademiknya semasa perkuliahan.

“Guna mempersiapkan talenta tersebut, Sea Scholarship Indonesia tidak hanya memberikan manfaat finansial tetapi juga non finansial berupa magang dan kesempatan kerja,” jelas Pandu.

Beasiswa ini menawarkan berbagai keuntungan untuk pengembangan diri mahasiswa penerima. Pertama uang kuliah dan tunjangan bulanan hingga penyelesaian tahun keempat studi di masing-masing universitas mitra.

Kedua peluang magang di unit bisnis Sea seperti Garena, Shopee, dan SeaMoney. Ketiga program pengembangan berkala untuk meningkatkan kemajuan rangkaian keterampilan para sarjana.

Keempat mendapat kesempatan untuk bekerja di berbagai posisi strategis di unit bisnis milik Sea.

Syarat dan Jadwal Pendaftaran 

Terdapat syarat dan jadwal pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat untuk mendaftar beasiswa. Syarat ini harus diikuti untuk melakukan pendaftaran beasiswa Sea Scholarship Indonesia 2021.

Pertama adalah Warga negara Indonesia. Kemudian terdaftar sebagai mahasiswa tahun pertama, kedua, atau ketiga di universitas mitra Sea.

Adapun mitra universitas yang dimaksud adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Bina Nusantara, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Del Sumatra Utara.

Ketiga tidak memiliki komitmen kerja dan atau beasiswa ke organisasi lain. Keempat berkomitmen untuk mempertahankan IPK kumulatif 3.5 atau 4.0.

Terakhir terdaftar di semua jurusan kecuali Fakultas Kedokteran termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokter Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan.

Proses pemilihan beasiswa akan dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu registrasi mulai tanggal 26 Januari hingga 14 Maret 2021 melalui situs resmi Sea (idscholarships.seagroup.com) dan seleksi dokumen mulai dari 15 Maret 2021 hingga tanggal 19 Maret 2021.

{Baca juga: Indosat dan Kampus asal AS Bagikan 10 Ribu Beasiswa Online}

Lalu tahap ujian yang secara daring digelar pada tanggal 24 Maret 2021 hingga 26 Maret 2021, tahap penilaian mulai tanggal 29 Maret 2021 hingga 9 April 2021 dan interview mulai dari tanggal 12 April 2021 hingga 23 April 2021.

Terakhir tahap terakhir yaitu pengumuman yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2021. Sea Scholarship Indonesia 2021 menjadi salah satu kesempatan talenta muda Indonesia untuk mengembangkan diri demi memenuhi kebutuhan dunia digital Tanah Air. [NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version