Mengenal Project Q* yang Bikin Sam Altman Dipecat dari OpenAI

Telset.id, Jakarta – Project Q* atau Q Star dianggap menjadi penyebab pemecatan Sam Altman dari jabatan CEO OpenAI, akan tetapi apa sebenarnya Project Q* itu dan apa hubungannya dengan Altman?

Sam Altman telah kembali diangkat menjadi CEO OpenAI, setelah sempat diberhentikan oleh dewan direksi. Walaupun sudah kembali, muncul rumor mengenai penyebab Sam Altman dipecat dari CEO OpenAI yakni terkait proyek pengembangan teknologi AI yang diberi nama Project Q*.

Cerita baru terungkap setelah Reuters melaporkan surat yang ditulis oleh para peneliti kepada dewan direksi OpenAI yang memperingatkan tentang penemuan AI baru melalui Project Q Star. Reuters menyebut awalnya Altman mendapat terobosan dalam pencarian panjang OpenAI akan kecerdasan umum buatan atau Artificial General Intelligence (AGI).

BACA JUGA:

Teknologi kecerdasan buatan yang lebih pintar dari AI, dan dipercaya kecerdasannya bisa mengimbangi bahkan melebih manusia. Rencana mengembangan AGI ini merujuk pada blog Altman awal tahun ini yang menggambarkan AGI sebagai sistem AI yang lebih pintar dari manusia.

Dirinya juga berbicara tentang bagaimana jika AGI berhasil diciptakan, maka AGI dapat membantu meningkatkan kemanusiaan dengan mendorong perekonomian global. Namun, Altman menyebutkan kelemahan dari super intelligence ini karena AGI memiliki risiko penyalahgunaan, kecelakaan drastis, dan gangguan sosial yang serius.

“Karena keuntungan dari AGI begitu besar, kami tidak percaya bahwa masyarakat mungkin atau tidak ingin menghentikan pengembangannya selamanya. Sebaliknya, masyarakat dan pengembang AGI harus memikirkan cara untuk memperbaikinya,” kata Altman dalam sebuah pernyataan di blog pada Februari 2023.

Rencana pengembangan teknologi AGI ini pun dituangkan oleh Sam Altman dalam Project Q Star. Peneliti tidak suka dengan proyek tersebut karena dinilai sebagai ancaman bagi peradaban manusia.

Dikutip Telset dari Gadgets 360 pada Jumat (24/11/2023), dewan direksi pun membaca surat dari peneliti, dan selanjutnya muncul keputusan Sam Altman dipecat dari CEO OpenAI. Rentetan kasus inilah yang memunculkan dugaan kalau penyebab Altman dikeluarkan sebagai CEO OpenAI karena Project Q Star.

BACA JUGA:

Dewan direksi OpenAI dan Sam Altman belum memberikan konfirmasi terkait isu ini. Begitu juga dengan karyawan OpenAI yang mengaku tidak tahu detail dari proyek teknologi super AI tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI