Geser Baidu, Microsoft Bing Jadi Mesin Pencari Terbesar di China

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, JakartaMicrosoft Bing saat ini telah menyalip mesin pencari Baidu di China yang merupakan mesin pencari terbesar di China dan menjadi nomor satu di negara tersebut.

Berdasarkan data terbaru dari StatCounter dikatakan bahwa pada April 2023, Microsoft Bing telah meraih pangsa pasar tertinggi bersejarah 37,4% melampau Baidu dan memimpin 10 poin persentase.

Dilansir Telset dari Gizmochina, pangsa pasar Baidu turun menjadi 27,01% mengakibatkan Bing naik ke posisi teratas. Mengikuti Bing dan Baidu, peringkat mesin pencari lainnya seperti Sogou (16,36%), Yandex (7,45%), Haosou (6,25%), dan Google (5,2%).

BACA JUGA:

Keberhasilan Bing ini dapat dikaitkan dengan integrasinya yang semakin mendalam di berbagai produk dan layanan Microsoft. Bing sebagai lini produk terkemuka milik perusahaan memiliki keterkaitan erat dengan Windows, Office, dan Xbox.

Microsoft juga secara konsisten meningkatkan kemampuan Bing dengan menggunakan teknologi terbaru AI atau artificial intelligence. Pada 8 Februari lalu, mesin pencari Microsoft ini mengadopsi versi model AI yang ditingkatkan, yakni GPT-3.5 untuk meningkatkan hasil pencarian.

Microsoft Bing Unggul di China

Setelah itu, pada 15 Maret Microsoft mengonfirmasi bahwa mesin mesin pencari Bing telah berorientasi pada GPT-4  yang merupakan iterasi terbaru dari model AI-nya.

Mustafa Suleyman salah satu pendiri DeepMind, anak perusahaan Google yang berspesialisasi pada kecedasan buatan, memperingatkan tentang perubahan mendasar dalam lanskap internet.

Suleyman meramalkan bahwa metode pencarian tradisional akan menjadi usang dalam dekade berikutnya, dan memberi jalan kepada pengalaman pencarian percakapan dan interaktif.

BACA JUGA:

Transformasi semacam itu diharapkan berdampak besar pada masa depan internet dan mereka yang mengandalkannya untuk mencari informasi hingga untuk penghidupan.

Bangkitnya Bing di China menunjukan sifat dinamis dari pasar mesin pencari dan menyoroti meningkatkanya persaingan di antara para pemain utama untuk berinovasi dan memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna. [FY/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI