INTERNET

Belum Lama Dirilis, Meta Tutup Aplikasi Dompet Kripto Novi

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Meta menutup layanan dompet digital cryptocurrency atau kripto, Novi. Padahal aplikasi tersebut baru seumur jagung, mengingat baru dirilis belum lama ini oleh perusahaan. 

Dikutip Telset.id dari Engadget pada Minggu (3/7/2022) Meta akan menghentikan platform tersebut pada 1 September 2022. Lalu tanggal 20 Juli 2022 menjadi hari terakhir pengguna untuk menambahkan dana mereka.

Di sisi lain, menjelang penutupan layanan, Meta meminta kepada pengguna untuk menarik saldo kripto mereka sesegera mungkin. Meta juga akan mentransfer sisa uang yang dimiliki pengguna ke rekeningnya dan kartu debit setelah aplikasi ditutup.

Meski akan ditutup, juru bicara Meta mengatakan kalau perusahaan tidak akan berhenti untuk menghadirkan layanan dompet kripto. Saat ini Meta masih mempersiapkan produk pengganti Novi dengan layanan yang lebih lengkap.

BACA JUGA: 

“Kami sudah memanfaatkan tahun-tahun yang dihabiskan untuk membangun kemampuan untuk Meta secara keseluruhan di blockchain dan memperkenalkan produk baru, seperti koleksi digital,” kata juru bicara perusahaan kepada Bloomberg.

Belum diketahui kapan aplikasi pengganti Novi akan diluncurkan. Namun Meta menjanjikan kalau dompet kripto buatannya dapat dipakai di dunia Metaverse. 

“Anda dapat berharap untuk melihat lebih banyak dari kami di ruang web3 karena kami sangat optimis tentang nilai yang dapat dibawa oleh teknologi ini kepada orang-orang dan bisnis di Metaverse,” sambungnya. 

Sekedar informasi, Novi adalah aplikasi dompet kripto yang dirilis pada Oktober 2021 lalu di beberapa negara tertentu saja. Selama beroperasi, aplikasi ini tidak didukung oleh cryptocurrency internal Meta, Diem atau kini dikenal dengan nama Libra. 

Selang sebulan setelah aplikasi ini dirilis, Kepala Kripto Meta, David Marcus memutuskan untuk meninggalkan Meta. Puncaknya aplikasi Novi ditutup pada September 2022 mendatang, sebelum bahkan genap setahun beroperasi. 

BACA JUGA:

Sebelum menutup Novi, Meta baru-baru ini juga mengubah nama Facebook Pay menjadi Meta Pay. Perubahan nama tersebut merupakan langkah Meta untuk menciptakan dompet digital yang bisa dipakai di metaverse. 

Jadi, kemungkinan pengganti Novi akan bersanding dengan Meta Pay sebagai alat transaksi pembayaran di Metaverse. [NM/IF]

Leave a Comment