Usai Pecat 11 Ribu Karyawan, Meta Mau PHK Lagi?

Telset.id, Jakarta – Belum reda kabar PHK massal hingga 11 ribu karyawan yang dilakukan Meta beberapa bulan yang lalu, beredar kabar perusahaan akan kembali melakukan pengurangan karyawan.

Menurut laporan dari Financial Times, Meta kemungkinan akan melakukan PHK bulan depan alias bulan Maret 2023. Namun tidak ada informasi lebih detail mengenai tanggal pengumuman PHK.

Dikutip Telset dari Engadget pada Minggu (12/02/2023), Meta tidak memberikan tanggapan mengenai kabar PHK ini, sehingga informasi ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Sebelumnya pada November 2022 CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran.

Tidak tanggung-tanggung, ada 11 ribu karyawan Meta yang terdampak kebijakan PHK. Kebijakan PHK karyawan diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui surat yang dikirim kepada karyawan dan juga diunggah di blog resmi Facebook.

BACA JUGA: 

Dalam suratnya tersebut Mark menjelaskan kalau Meta memangkas 13% dari total karyawan, atau sekitar 11 ribu karyawan. Alasan dari pengurangan karyawan untuk memotong pengeluaran perusahaan.

“Hari ini saya membagikan beberapa perubahan tersulit yang telah kami buat dalam sejarah Meta. Saya telah memutuskan untuk mengurangi ukuran tim kami sekitar 13% dan membiarkan lebih dari 11 ribu karyawan berbakat kami pergi,” tulis Mark.

Bukan cuma itu penurunan ekonomi makro otomatis berdampak kepada berkurangnya pendapatan iklan. Alhasil pendapatan Meta yang mayoritas dari iklan pun ikut terpangkas karena fenomena tersebut.

“Penurunan ekonomi makro, peningkatan persaingan, dan hilangnya sinyal iklan telah menyebabkan pendapatan kami jauh lebih rendah dari yang saya harapkan. Saya melakukan kesalahan ini, dan saya bertanggung jawab untuk itu,” ujar Mark.

BACA JUGA:

Meta juga berencana bakal menghentikan penerimaan karyawan baru, supaya keuangan tetap stabil. Setidaknya kebijakan ini akan dilakukan hingga kuartal pertama (Q1), tahun 2023.

Selain Meta, beberapa perusahaan besar lain juga melakukan PHK karyawan yaitu perusahaan induk Google yakni Alphabet yang mengurangi 12 ribu karyawan yang tersebar di seluruh dunia. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI