Meta Ungkap Cara Kerja AI di Facebook dan Instagram

Telset.id, Jakarta – Meta secara resmi memberikan informasi seputar penggunaan  kecerdasan buatan atau AI khususnya sistem algoritma, di Facebook dan Instagram yang dapat menentukan apa yang Anda lihat di kedua aplikasi tersebut.

Dikutip Telset dari Engadget pada Jumat (30/06/2023), perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu melalui situs resminya memposting artikel terkait bagaimana sistem AI buatan mereka menentukan postingan yang muncul di feed Facebook dan Instagram Anda.

Kemudian raksasa jejaring sosial ini juga merilis 22 sistem kartu untuk platform yang menjelaskan bagaimana sistem AI-nya memberi peringkat konten untuk Feed, Stories, dan Reels.

Setiap kartu menjelaskan cara kerja aspek tertentu dari Meta. Misalnya, perusahaan menjelaskan bahwa untuk Facebook Feed, sistem AI dimulai dengan mengumpulkan semua kiriman potensial dari teman dan Halaman atau Pages yang Anda ikuti.

BACA JUGA:

Setelah itu, sistem mempertimbangkan berbagai sinyal masukan, seperti siapa yang membuat kiriman, bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka, dan berapa banyak teman Anda yang menyukai kiriman tersebut.

Semua aspek itu akan membantu AI untuk membuat peringkat terkait postingan apa saja yang mungkin relevan dan sesuai dengan minat Anda di Feed.

President of Global Affair Meta, Nick Clegg mengatakan bahwa Meta juga sedang menguji fitur baru di Instagram yang memungkinkan Anda untuk menunjukkan apakah Anda “Tertarik” pada Reels yang direkomendasikan. Sehingga aplikasi tersebut dapat menampilkan konten yang lebih sesuai kepada Anda.

Pasalnya, Anda hanya dapat menunjukkan apakah Anda “Tidak Tertarik” pada gulungan tertentu. Meta mengungkapkan cara kerja sistem AI dan algoritma sepertinya karena Uni Eropa akan memberlakukan Undang-Undang Pasar Digital pada tahun 2024.

Undang-undang baru akan mewajibkan layanan online seperti Facebook dan Instagram untuk lebih transparan tentang teknologi di balik algoritma rekomendasi mereka. Supaya publik tahu terkait cara platform untuk menawarkan umpan kronologis ke pengguna.

BACA JUGA:

Selain itu Undang-undang tersebut juga melarang iklan yang menargetkan Anda berdasarkan agama, orientasi seksual, etnis, atau afiliasi politik Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap seputar cara kerja AI di Meta, bisa mengunjungi situs ini, dan juga link ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI