telset
spot_img

Kabur 20 Tahun, Mafia Italia Ditangkap dengan Bantuan Google Maps

Telset.id, Jakarta – Mafia yang buron selama 20 tahun berhasil ditangkap kepolisian Italia berkat bantuan aplikasi Google Maps. Secara kebetulan, aplikasi navigasi terbaik dari Google itu menampilkan buronan bernama Gioacchino Gamino itu di Google Street View.

Tak cuma menjadi aplikasi penunjuk jalan saja, Google Maps pun bermanfaat bagi polisi untuk menangkap mafia asal Italia yang buron sampai 20 tahun. Kepolisian Italia baru-baru ini berhasil menangkap buronan yang telah kabur puluhan tahun berkat aplikasi besutan Google tersebut.

Menurut Wakil Direktur Unit Polisi Anti-Mafia Italia (DIA), Nicola Altiero, selama ini  pihaknya menyelidiki keberadaan Gioacchino Gamino. Informasi terakhir, mereka mengetahui kalau Gamino berada di Kota Galapagar, Spanyol yang lokasinya dekat dengan kota Madrid.

Baca juga: Pria Ini Protes Rumahnya Difoto Google Maps

Penyelidikan pun dilakukan di kota tersebut. Selama 2 tahun penyelidikan, kepolisian menemukan titik terang keberadaan pria berusia 61 tahun tersebut.

Informasi keberadaan mafia Italia yang buron selama 20 tahun akhirnya ditemukan dari Google Maps. Fitur Google Street View menampilkan sosok pria yang mirip Gamino yang tampak sedang mengobrol di dengan pria lain di depan toko buah bernama El Huerto de Manu.

Berbekal informasi itu, akhirnya polisi menuju lokasi dan menangkap Gamino pada 17 Desember 2021. Setelah diinterogasi ternyata selama ini Gamino menetap di Galapagar dengan identitas baru bernama Manuel dan toko buah itu adalah miliknya.

Mafia Italia Google Maps
Sosok Gioacchino Gamino yang menggunakan kemeja coklat terekam di Google Street View (Sumber: CNN)

“Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami kembangkan dengan cara tradisional,” kata Nicola Altiero, seperti dikutip dari CNN, Senin (10/1/2022).

Di sisi lain Gamino merasa kaget dengan penangkapan ini dan bertanya bagaimana kepolisian mampu mengetahui keberadaannya.

“Bagaimana Anda menemukan saya? Saya bahkan belum menelepon keluarga saya selama 10 tahun terakhir,” tanya Gamino.

Baca juga: Google Maps Rekam UFO di Kutub Selatan

Perlu diketahui Gamino adalah anggota kelompok mafia Sisilia dari klan Stidda. Dia telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup akibat aksi pembunuhan dan perdagangan narkoba.

Namun, ketika dipenjara Gamino sangat licin sehingga mampu kabur dari penjara Rebibbia Roma pada 2002 dan 2003.

Sejak saat itu polisi Italia terus melakukan pengejaran, sampai akhirnya mampu menemukan Gamino di Spanyol. Usai penangkapan, mafia Italia tersebut ditahan di Spanyol dan polisi Italia berharap untuk membawanya kembali ke negara asalnya pada akhir Februari. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0