Windows 11 Kini Didukung Teknologi AI, Ini Kecanggihannya

Telset.id, Jakarta – Microsoft memberikan sentuhan istimewa kepada Windows 11, yang mana OS untuk laptop dan PC tersebut kini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga semakin canggih.

Setelah menghadirkan teknologi AI di mesin pencari Bing, Microsoft kembali membawa teknologi AI di produknya dan kali ini teknologi kecerdasan buatan itu hadir di Windows 11 dengan nama Windows Copilot.

Dikutip Telset dari Engadget pada Rabu (24/05/2023), alat Windows Copilot baru ada di sidebar Windows dan seperti obrolan AI di Bing, Anda dapat menggunakannya sebagai mesin pencari bertenaga super dengan mengetikkan pertanyaan umum.

BACA JUGA:

Selain itu, Windows Copilot juga bisa dipakai untuk mengatur perangkat PC atau laptop seperti menyalakan mode lampu malam dan mengubah latar belakang desktop Anda, sehingga lebih praktis tanpa perlu membuat pengaturan secara manual.

Windows Copilot juga dapat berfungsi sebagai asisten virtual yang mampu meringkas dokumen, atau meluncurkan aplikasi foto untuk menyelesaikan beberapa pengeditan sebelum mengirimkannya ke sekelompok rekan kerja Anda.

“Saya menganggap Windows dan peran AI sebagai peluang. Kami ingin membawa kekuatan AI ke Windows 11 dan memberi Anda kesempatan menjadi lebih kreatif danĀ  produktif serta menjadikan pengguna Windows menjadi pengguna yang kuat,” kata Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Product Officer Microsoft Panos Panay.

Windows Copilot diperkenalkan di ajang Microsoft Build 2023 yang digelar kemarin, dan akan tersedia dalam versi pratinjau pada bulan Juni 2023 melalui pembaruan aplikasi.

Teknologi AI buatan Microsoft itu diprediksi mampu menjangkau lebih banyak pengguna daripada Bing yang diperbarui. Sebab menurut StatCounter, aplikasi Bing telah kehilangan pangsa pasar selama beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA:

Pangsa pasar mesin pencari itu turun dari yang awalnya 9,92% pada Oktober 2022 menjadi 7,2% di bulan April tahun ini. Kita nantikan saja bagaimana kiprah Windows Copilot yang ada di Windows 11 ini. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI