Induk Facebook akan Tampilkan Iklan 3D di Metaverse

Telset.id, Jakarta – Dunia virtual metaverse garapan Meta nantinya akan menampilkan iklan berformat 3D. Untuk mewujudkannya, induk Facebook dan Instagram ini bekerja sama dengan perusahaan augmented reality (AR) asal Amerika Serikat bernama VNTANA.

Meta dan VNTANA memungkinkan pengiklan dapat mengunggah model 3D produk jualan mereka ke Facebook dan Instagram, lalu  mengubahnya menjadi iklan 3D untuk ditampilkan di dunia metaverse besutan Meta. Saat iklan tampil, pengguna bisa melihat berbagai sudut dari item yang diiklankan.

“Pengiklan dapat menggunakan VNTANA untuk mengunggah dan mengonversi file menjadi iklan dengan mudah tanpa keahlian teknis dalam bekerja dengan gambar 3D,” kata Chief Executive VNTANA, Ashley Crowder.

Baca juga: Meta Bangun Superkomputer AI Tercepat di Dunia

Dilansir Telset dari Reuters pada Sabtu (26/3/2022), Ashley juga menyatakan kalau inovasi iklan 3D merupakan batu loncatan untuk memasukin industri periklanan di dunia metaverse.

“Metaverse pada dasarnya adalah internet spasial. Ini adalah seluruh dunia kemungkinan yang dimulai dengan memiliki model 3D yang tepat dari produk Anda,” jelas Crowder.

Perlu diketahui bahwa Meta telah mempertaruhkan masa depannya untuk berkontribusi pada pembangunan teknologi metaverse, yang katanya bisa memakan waktu hingga 10 tahun.

Sebelum berkolaborasi dengan VNTANA, Meta telah bermitra dengan perusahaan AR Modiface dan PerfectCorp untuk membantu merek kecantikan dan kosmetik menjalankan iklan 3D dan AR dengan lebih mudah.

Sedangkan menurut Director of AR Partnerships Meta Reality Labs unit, Chris Barbour iklan 3D buatan Meta dengan mitra VNTANA, Modiface dan PerfectCorp akan semakin canggih jika diakses dengan menggunakan kacamata AR.

Baca juga: Fitur Baru Meta untuk Hindari Pelecehan di Metaverse

“Di satu sisi, ini menawarkan sekilas tentang apa yang mungkin Anda harapkan pada perangkat masa depan seperti kacamata AR,” ungkap Chris Barbour.

Apa yang dilakukan Meta memang cukup futuristik mengingat metaverse adalah dunia internet masa depan, yang bisa saja mengubah prilaku masyarakat dalam melihat iklan dan berbelanja. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0