telset

Meta Bangun Superkomputer AI Tercepat di Dunia

Telset.id, Jakarta – Meta membangun superkomputer Artificial Intelligent (AI), bernama AI Research SuperCluster (RSC). Komputer ini diklaim bakal menjadi komputer tercepat di dunia.

Dilansir Telset dari The Verge pada Selasa (25/1/2022), CEO Meta Mark Zuckerberg menjelaskan kalau RSC selesai dibangun pada akhir tahun 2022, dan akan menjadi superkomputer AI tercepat di dunia.

“Meta telah mengembangkan apa yang kami yakini sebagai superkomputer AI tercepat di dunia. Kami menyebutnya RSC atau AI Research SuperCluster dan akan selesai akhir tahun ini,” ungkap Mark.

Menurut insinyur Meta Kevin Lee dan Shubho Sengupta, RSC akan digunakan untuk melatih sistem pembelajaran seperti sistem untuk mendeteksi konten ujaran kebencian di Facebook dan Instagram.

Superkomputer Meta juga dipakai untuk mengembangkan fitur Augmented Reality (AR), dan teknologi metaverse.

Baca juga: Meta, Perusahaan Terburuk di Tahun 2021

“RSC akan membantu peneliti AI Meta membangun model AI baru dan lebih baik yang dapat belajar dari triliunan contoh misalnya bekerja di ratusan bahasa yang berbeda, menganalisis teks, gambar, dan video secara bersamaan, mengembangkan alat augmented reality baru dan banyak lagi,” ujar Kevin dan Shubho.

Pengerjaan RSC dimulai 1,5 tahun yang lalu dan pembangunannya terbagi dalam 2 fase. Fase pertama RSC ditenagai oleh 760 sistem Nvidia GGX A100 yang berisi 6.080 GPU.

Di fase itu Meta telah memberikan peningkatan kinerja hingga 20 kali lipat selama penelitian berlangsung. Melihat kinerja yang besar akhirnya RSC fase kedua yang selesai akhir tahun 2022 akan ditenagai oleh sekitar 16 ribu total GPU.

Dengan dukungan GPU yang besar, superkomputer RSC fase dua juga mampu sistem AI lebih dari satu triliun parameter. Jadi patut ditunggu bagaimana kiprah komputer canggih buatan Meta ketika komputer telah selesai dibangun.

Meta Buat Fitur Jual Beli NFT di Facebook

Meta Komputer Super Cepat AISebelumnya Meta juga sempat dikabarkan ingin membuat fitur yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan, memamerkan, sekaligus jual dan beli aset NFT di Facebook dan Instagram.

Dari laporan The Financial Times, Meta ingin membuat fitur agar pengguna bisa membuat sekaligus melakukan transaksi jual beli NFT di Facebook dan Instagram.

“Tim di Facebook dan Instagram sedang mempersiapkan fitur yang memungkinkan pengguna menampilkan NFT sebagai gambar profil mereka, serta mengerjakan prototipe untuk memungkinkan pengguna membuat NFT baru,” kata The Financial Times.

Baca juga: Facebook dan Instagram Bakal Jadi Situs Jual Beli NFT

“Perusahaan juga sedang mendiskusikan peluncuran pasar bagi pengguna untuk membeli dan menjual NFT,” tambahnya.

Belum diketahui kapan fitur akan diluncurkan, pasalnya membangun fitur NFT sifatnya baru rencana awal. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0